Jurusan Teknik Kelautan dan Perkapalan

Jurusan Teknik Kelautan dan Perkapalan

Bidang Teknik Kelautan dan Perkapalan sepertinya tidak begitu asing di telinga kamu, ya. Sekilas, jika mendengar istilah tersebut yang pertama kali terbayang adalah bidang yang berkaitan dengan pekerjaan di lautan. Benar tidak, ya, kira-kira? 

Apa itu bidang Teknik Kelautan dan Perkapalan?

Ternyata bidang ini memang berkaitan dengan lautan. Mulai dari mempelajari pengetahuan tentang laut, infrastruktur dari mulai batas pantai ke laut lepas, penyebaran polutan, perencanaan dan pembangunan sebuah kapal sebagai sarana transportasi laut, pengoperasian kapal untuk memenuhi kebutuhan manusia, dan masih banyak lagi. Kamu-kamu yang berminat dengan rekayasa kelautan maupun transportasi laut bisa coba memilih bidang ini. 

Daftar jurusan di bidang Teknik Kelautan dan Perkapalan?

  1. Teknik Kelautan. Ternyata jurusan ini tidak membawa kita menyelami biota laut loh. Laut dan segala isinya merupakan bagian yang dipelajari bidang lain, yaitu Ilmu Kelautan. Hati-hati tertukar, ya! Teknik Kelautan secara spesifik mempelajari rekayasa kelautan. Rekayasa kelautan ini meliputi struktur bangunan pantai, struktur bangunan lepas pantai, perancangan dan produksi bangunan, serta hidrodinamika lepas pantai. 
  2. Teknik Perkapalan. Dari namanya saja, kita bisa menebak jurusan ini menyelami hal-hal yang berkaitan dengan kapal. Lebih spesifiknya, pengetahuan tentang perancangan dan pembangunan kapal yang meliputi bentuk kapal, struktur, produksi, perbaikan, hingga pengoperasian kapal yang sudah siap menjadi alat transportasi, serta pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian armada kapal.
  3. Oseanografi. Di sini kamu akan mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. 
  4. Teknik Transportasi Laut. Jurusan ini mendalami perencanaan dan analisa angkutan laut, kegiatan dan infrastruktur pelabuhan, dan desain konseptual kapal dengan tiga bidang keahlian, antara lain Angkutan Laut (Pelayaran), Kepelabuhanan dan Infrastruktur, serta Logistik Maritim. 

Keuntungan kuliah di bidang Teknik Kelautan dan Perkapalan?

Kalau kamu berminat, kita bakal bocorin keuntungan yang bisa didapat dari Jurusan Teknik Kelautan dan Perkapalan. Pertama, tentunya kamu punya peran penting dalam pembangunan daerah laut beserta transportasinya. Apalagi dengan demografis Indonesia yang sebagian besar adalah lautan. Para lulusan jurusan Teknik Kelautan, misalnya, punya peran penting dalam pembangunan di daerah laut, seperti pengeboran minyak lepas pantai, pemecah ombak, reklamasi, pelindung abrasi, dan infrastruktur transportasi laut. Menarik, bukan?

Prospek kerja di bidang Teknik Kelautan dan Perkapalan?

Di Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah laut, sehingga kamu-kamu tidak perlu khawatir dengan lapangan pekerjaannya. Lulusan Jurusan Teknik Kelautan dan Perkapalan ini sudah banyak dibutuhkan oleh industri, bisa menjadi insinyur perkapalan, manager transportasi laut, pengawas konstruksi pembangunan daerah laut, teknisi kelautan, oseanograf, surveyor, bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai analis data dan informasi, analis kelautan, ataupun analis konservasi kawasan, dan masih banyak lagi. Lulusan bidang ini juga memiliki kesempatan untuk bekerja di macam-macam konsultan serta perusahaan minyak dan gas baik milik lokal maupun asing seperti Schlumberger, McDermott, East Marine, Petrosea, Halliburton, Tripatra, dsb. Kamu juga bisa terlibat dalam pembangunan kapal baru, pemeliharaan dan reparasi kapal, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi peralatan lepas pantai, dsb.

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Teknik Kelautan dan Perkapalan? RBD siap membantumu!

RBD memiliki 2 pilih program yang bisa menyesuaikan dengan dirimu. Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *