Kelompok Sosial Itu yang Seperti Apa?

pengertian ciri-ciri dan tujuan kelompok sosial

Halo Sobat RBD!

Kelompok sosial terbentuk karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia akan selalu butuh sosok orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Tapi tau gak kalian kenapa manusia membentuk kelompok sosial?

Ternyata, manusia memang terlahir dengan sebuah naluri yang disebut ✨GREGARIOUSNESS✨ yaitu dorongan untuk hidup secara berkelompok. Dengan adanya kelompok sosial, manusia tidak hanya merasa dipenuhi oleh kebutuhan dasar, tetapi juga kebutuhan validasi dan aktualisasi diri.

Pengertian

Ternyata gak semua perkumpulan dalam masyarakat bisa kita sebut sebagai kelompok sosial loh! Mari kita pahami pendapat dari beberapa tokoh berikut!

Robert K. Merton, sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang sudah mapan.

Soerjono Soekanto, himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

Jadi, bisa kita simpulkan kalau kelompok sosial adalah sekumpulan individu yang saling berinteraksi dalam sebuah sistem yang disepakati bersama.

Selain itu, ada juga istilah lain yang dikenal dengan pengelompokan sosial. Pengelompokan sosial atau kategorisasi adalah upaya seseorang mengelompokan individu-individu yang memiliki karakteristis yang sama untuk mempermudah mengindentifikasi kondisi masyarakat yang kompleks.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Untuk lebih memahami perbedaannya dengan perkumpulan dalam masyarakat, kita bisa mengidentifikasi berdasarkan ciri-ciri berikut 

  1. terdiri dari dua orang atau lebih;
  2. terjalin hubungan timbal balik (interaksi sosial) antaranggotanya;
  3. terdapat faktor pengikat atau pemersatu (kesamaan latar belakang, kepentingan, ideologi, keyakinan, rasa saling memiliki, dan lain-lain);
  4. temiliki nilai dan norma yang membentuk pola perilaku;
  5. bersistem dan berproses (terstruktur); dan
  6. anggotanya memiliki kesadaran sebagai bagian dari kelompok.
ciri-ciri kelompok sosial
Ciri-ciri kelompok sosial

Tujuan Kelompok Sosial

Selain karena adanya dorongan untuk hidup berkelompok, manusia juga ingin mencapai tujuan-tujuan yang mengarah pada kestabilan dalam hidup. Tujuan tersebut antara lain

  1. meneruskan keturunan;
  2. memenuhi kebutuhan hidup (materil dan immateril);
  3. memperoleh efisiensi dan efektivitas kerja; dan
  4. perkembangan masyarakat.

Dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut, perlu adanya nilai dan norma yang disepakati bersama oleh para anggotanya dan pembagian kerja berjalan dengan baik.

Nah itulah pembahasan tentang pengertian, ciri, dan manfaat kel. sosial. RBD juga punya pembahasan lengkap materi ini LMS rbdigital.id yaa! Mau baca tentang materi lain? Yuk klik disini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian! Salam Edukasi RBD!

Referensi: 

  • Sosiologi untuk SMA Kelas XI – Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan KEMENDIKBUDRISTEK (2021).
  • Pocket SKS Sosiologi SMA – Forum Edukasi .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *