Kenal Lebih Dekat Pembelajaran di Kurikulum Merdeka

Pembelajaran di Kurikulum Merdeka saat ini tengah menjadi topik di kalangan pelajar, kalian termasuk juga gak nih? Jadi kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan konten yang beragam dan memiliki tujuan agar siswa lebih optimal mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Lebih lengkap lagi, yuk kita mengenal lebih dekat dengan pembelajaran di kurikulum Merdeka.

Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran berbasis proyek ini bertujuan untuk mengembangkan soft skill dan karakter siswa. Penerapan pembelajarannya melalui projek dari 7 tema utama yang sudah ditetapkan oleh Kemdikbudristek. Adapun tema yang diusung adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Kewirausahaan, Suara Demokrasi, Bangunlah Jiwa dan Raganya, dan Berekayasa dan Berteknologi membangun NKRI.

Kurikulum Merdeka Berisi Materi Esensial

Dalam materi esensial ini belajar jadi lebih aktif karena banyak diskusi, kerja kelompok dan berbasis problem atau projek. Hal ini dirancang agar siswa mencapai pembelajaran, struktur kurikulum, alur pembelajaran dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Untuk penguatan profil pelajar Pancasila ini didesain supaya siswa memahami konsep pelajaran sehingga bisa implementasi kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran Lebih Fleksibilitas

Dalam kurikulum Merdeka guru diberi kebebasan untuk memilih beragam perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Hal itu mendorong pembelajaran yang menyenangkan dan relevan sesuai kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan. Tidak hanya itu, gotong royong ditonjolkan dalam implementasi pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Jadi gimana sekolah kalian udah mulai menerapkan kurikulum ini belum? Atau mungkin sekarang lagi merasakan gimana belajar dengan Kurikulum Merdeka? Nah, selama menjalani kurikulum ini mungkin kalian sedang merasakan adaptasi dan cukup sulit buat menjalaninya. Untuk mengatasi kesulitan itu, kalian bisa mengatasinya di Rumah Belajar Daniel. Disana kalian bisa konsultasi mengenai kesulitan belajar bersama Student Counsellor. Atau secara akademiknya kalian bisa ikut Tutor dengan pengajar berpengalaman. Yuk, gabung sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *