Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Tahukah kalian berapa banyak orang yang merasa salah memilih jurusan kuliah? Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Indonesia Career Center Network ternyata sebanyak 87% mahasiswa merasa salah dalam memilih jurusan. Wah jumlah yang cukup banyak ya!

Bagi kalian yang ingin meneruskan pendidikan masuk ke perguruan tinggi, tentunya harus sudah menyiapkan jurusan apa yang akan diambil nanti. Penting lho untuk memilih jurusan yang tepat. Jangan sampai kalian memilih jurusan kuliah hanya karena ikuti teman, paksaan orang tua, atau bahkan mengikuti pacar. Karena ada banyak dampaknya jika kalian salah dalam memilih jurusan! Apa aja sih kira-kira dampaknya?

  1. Membuang waktu dan biaya
  2. Mempelajari sesuatu yang tidak sesuai minat, bakat, dan kemampuan, merupakan aktivitas yang sangat tidak menyenangkan 
  3. Kurangnya motivasi
  4. Menurunnya daya tahan terhadap tekanan, konsentrasi, dan menurunnya daya juang. Apalagi kalau pelajaran kian sulit, masalah semakin bertambah, bisa menyebabkan kuliah terancam terhenti di tengah jalan.
  5. Problem akademis yang bisa terjadi jika salah mengambil jurusan kuliah adalah prestasi yang menjadi tidak optimal
  6. Salah memilih jurusan kuliah juga dapat membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri dalam pergaulan

Nah, setelah kita mengetahui betapa besar dampaknya ketika salah dalam memilih jurusan kuliah, maka tugas selanjutnya adalah bagaimana cara memilih jurusan yang benar.

Menurut teori psikologi yang dicetuskan oleh Super (1957), remaja berusia 15-25 tahun dalam teori perkembangan karier termasuk dalam tahap eksplorasi (exploratory stage). Karier disini tidak hanya terkait dengan pekerjaan, tetapi juga dalam bidang pendidikan.

Tahap eksplorasi adalah tahapan dimana seseorang melakukan usaha atau upaya untuk membuat rencana terbaik dalam mendapatkan informasi mengenai karir, memilih alternatif karier dan menentukan pilihan karier. Termasuk juga dalam memilih jurusan. Oleh karena itu, pada tahap ini kalian harus banyak mengumpulkan informasi, baik mengenai diri sendiri maupun mengenai jurusan yang akan dipilih.

Ada banyak cara lho untuk mengumpulkan informasi, dari mulai bertanya kepada orang tua, guru, kepada orang yang sudah berkuliah di jurusan tertentu, atau kalian juga dapat mengumpulkan informasi dengan searching di internet. 

Yuk cek jurusan impianmu di blog RBDigital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *