Persebaran Flora di Dunia

Persebaran flora di dunia sangatlah beragam dan mempunyai peran yang besar bagi kehidupan manusia. Dari sisi etimologi flora berasal dari Bahasa Latin artinya alam tumbuhan, alam ini meliputi semua aspek tentang dunia tumbuhan. Tumbuhan ini meliputi beragam tumbuhan besar seperti pohon sampai microflora seperti jamur. Berikut ini persebaran flora-flora di dunia :

Bioma Tundra

Yang pertama ada bioma tundra , kawasan yang berada di sekitar kutub utara dan sebagian kutub selatan. Di bioma ini, tidak ada pepohonan. Hanya ada tumbuhan kecil sejenis rumput-rumputan dan lumut. Ciri-ciri dari bioma ini adalah :

  1. Hampir semua wilayah tertutup salju
  2. Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang
  3. Usia tumbuhan sangat pendek yaitu 30-120 hari
  4. Ciri khas fauna di bioma tundra adalah hewan yang memiliki bulu dan lapisan lemak tebal dengan tujuan menjaga suhu tubuh tetap hangat  

Bioma Taiga

Bioma taiga adalah ekosistem di hutan dengan satu spesies pohon. Contoh spesies tersebut adalah cemara, pinus, konifer dan sebagainya. Bioma ini termasuk jenis hutan homogen yang didominasi spesies pohon bedaun jarum saja.  

Wilayah yang banyak tumbuh bioma taiga diantaranya wilayah subtropika dan daerah kutub, pastinya berada di belahan bumi utara yang memiliki musim dingin lebih panjang daripada musim panas. Seperti Rusia, Alasaka, Skandinavia, Siberia dan Kanada. Berikut ciri-ciri bioma taiga :

  1. Suhu mencapai 90F pada saat musim panas
  2. Memiliki musim dingin yang panjang dan musim kemarau yang sangat singkat, sekitar 1-3 bulan
  3. Daerah bioma taiga sangat basah dikarenakan penguapannya rendah
  4. Jenis tumbuhan terdiri dari 2-3 macam

Bioma Gurun

Selanjutnya ada bioma gurun, dimana lingkungan bioma ini beriklim kering dan curah hujan yang sedikit. Berada di Amerika Utara, Afrika Utara, Asia Barat dan Australia. Bioma Gurun jarang ada vegetasi yang bisa tumbuh karena tingkat penguapannya tinggi jadi tumbuhan yang ditemukan memiliki akar sangat panjang dan berdaun kecil.

Adapun ciri-ciri bioma gurun adalah :

  1. Memiliki curah hujan yang sangat rendah, kurang dari 250 mm/tahun
  2. Perbedaan suhu udara yang tinggi antara malam dan siang
  3. Kelembaban udara di gurun rendah
  4. Tingkat deflasi gurun sangat tinggi

Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur merupakan bioma yang didominasi oleh vegetasi dengan menggugurkan daunnya pada musim tertentu. Terdapat empat musim yaitu musim, dingin, gugur dan semi. Ciri khas bioma ini adalah warna daun orange keemasan. Bioma ini terletak diantara 30-40 garis lintang. Wilayah yang bis akita temui bioma hutan gugur adalah Asia Timur, Eropa Barat dan Amerika Serikat. Ini dia ciri-ciri bioma hutan gugur :

  1. Curah hujan merata antara 750-1000 mm/tahun
  2. Rata-rata suhu mecapai 2-18°C
  3. Memiliki daun lebar, tajuk rapat, menghijau pada musim panas dan menggugurkan daun pada musim dingin
  4. Jenis tumbuhan relative sedikit

Bioma Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis yaitu bioma hutan yang basah dan lembab serta memiliki kenanekaragaman tumbuhan. Oleh karena itu, hutan hujan tropis umumnya lebat. Bioma ini dilewati oleh garis khatulistiwa dan berada di garis lintang 0°-10°LU/LS.

Persebaran bioma ini ada di Asia Tenggara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Kepulauan Pasifik dan Sebagian Afrika serta Kepulauan Madagaskar. Contoh yang ada di Asia Tenggara adalah Indonesia tepatnya Pulau Kalimantan.

Ciri-ciri bioma hutan hujan tropis sebagai berikut.

  1. Curah hujan tinggi dan rata-rata lebih dari 2000 mm/tahun
  2. Ketinggian pohon antara 20-40 m
  3. Daun lebat dan lebar serta hijau sepanjang tahun
  4. Cukup mendapatkan sinar matahari tetapi tidak menembus dasar hutan
  5. Suhu udara antara 25°-30°C
  6. Permukaan tanah lembab dan tergenang air

Bioma Stepa

Stepa atau bisa disebut padang rumput ini terdapat vegetasi jenis rumput dan tidak ada pohon ataupun semak-semak besar. Di samping itu stepa berada di wilayah yang beriklim tropis dan subtropis seperti Asia Tengah, Hongaria, Rusia Selatan, Amerika Selatan dan Australia. Ciri-ciri bioma stepa adalah :

  1. Vegetasi rumput yang luas
  2. Suhu 19-30°C saat musim panas, 12-20°C saat musim dingin
  3. Curah hujan tidak teratur yaitu 250 – 500 mm/tahun
  4. Jenis rumput dengan tinggi mencapai 3,5 m

Bioma Sabana

Bioma sabana yaitu padang rumput yang diselingi pepohonan seperti palem atau akasia. Sabana bisa berada di dataran rendah ataupun tinggi, tentu ada beberapa pohon tersebar tidak merata dan lapisan bawahnya ada rerumputan. Faktanya bioma ini banyak ditemukan di Amerika Selatan, Afrika, Australia dan Indonesia terutama Nusa Tenggara Timur. Ciri-ciri dari bioma sabana adalah sebagai berikut :

  1. Jauh dari daerah khatulistiwa
  2. Suhu panas sepanjang tahun
  3. Curah hujan sedang dan tidak teratur
  4. Porositas dan drainase cukup baik

itu dia persebaran flora di dunia yang dijabarkan, coba yuk komen di bawah apa saja bioma yang ada di lingkungan tempat tinggal kamu? Mau belajar materi persebaran flora di dunia lebih banyak? Yuk belajar di Rumah Belajar Daniel, kalian bakal diajarin bareng tutor berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *