Vermes, Si Cacing yang Bikin Gemas

Bicara soal vermes, kalo lagi musim ujan, biasanya banyak makhluk-makhluk gemas ini yang bermunculan di tanah lapang. Bisa nebak ga siapa?? Yups, cacing! Kali ini kita bakal ngebahas salah satu hewan anggota invertebrata ini ya.

Cacing disebut juga vermes. Istilah vermes digunakan untuk hewan kecil bertubuh memanjang yang lunak, tidak mempunyai rangka dan tidak mempunyai kaki.

1. Ciri Vermes

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang dimiliki Vermes:

  • Vermes umumnya menunjukkan simetri bilateral, yang berarti tubuh mereka dapat dibagi menjadi dua bagian yang sama jika dibelah secara longitudinal.
  • Tubuh cacing terdiri dari segmen-segmen berbentuk cincin, dimana setiap segmen umumnya dilengkapi dengan setae kecuali pada 2 segmen pertama. Setae adalah struktur menyerupai rambut yang memiliki peran sebagai alat gerak cacing. Setae berfungsi untuk menggali substrat dan memegangi pasangan selama proses kopulasi sehingga menjadikannya bagian penting dari sistem gerak cacing tanah.
  • Sistem pencernaan sederhana. Meskipun terdapat variasi dalam sistem pencernaan di antara spesies cacing, umumnya hewan ini memiliki sistem pencernaan yang sederhana, terdiri dari mulut, saluran pencernaan, dan anus.
  • Kebanyakan vermes tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan setelah mencapai ukuran dewasa. Hewan ini tumbuh melalui pembelahan sel atau pertumbuhan secara progresif.
  • Vermes dapat bereproduksi secara seksual dengan menghasilkan telur yang kemudian dibuahi oleh sperma, atau secara aseksual melalui pembelahan tubuh.
  • Tubuh cacing dapat dibedakan dalam bagian anterior (ujung depan, kepala), posterior (ujung belakang, ekor), dorsal (permukaan atas, panggung) dan ventral (permukaan bawah, perut)
  • Dibedakan menjadi tiga kelompok berdasarkan lapisan tubuhnya, yaitu triploblastik aselomata, triploblastik pseudoselomata, dan triploblastik selomata.
lapisan tubuh vermes
Klasifikasi hewan berdasarkan lapisan tubuhnya (Sumber: www.kompas.com)

2. Klasifikasi Cacing

Cacing dikelompokkan menjadi tiga kelompok berdasarkan bentuk tubuhnya, yaitu:

a. cacing pipih (Platyhelminthes),

b. cacing gilig (Nemathelminthes), dan

c. cacing gelang (Annelida).

Nah Sobat RBD, sekarang kalian udah tau kan ciri-ciri cacing. Masih banyak materi lain yang bisa kalian jelajahi di blog ini. Buat yang mau belajarnya ditemenin tutor yang berpengalaman, bisa dicek informasinya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *