Jurusan Elektro dan Informatika

Jurusan Elektro dan Informatika

Kamu menyukai dan ingin mendalami hal-hal yang berbau komputer, digital, atau sistem kelistrikan? Nah, jurusan Elektro dan Informatika bisa jadi pilihanmu untuk kuliah. Penasaran kan seperti apa, yuk simak dibawah ini, hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai salah satu jurusan terfavorit saat ini. 

Apa itu bidang jurusan Elektro dan Informatika?

Jurusan Elektro dan Informatika ini sangat terkenal di kalangan pecinta teknik dan informatika. Biasanya bidang ini terdiri dari dua fakultas, yaitu Fakultas Elektro dan Fakultas Informatika. Jadi secara garis besar dua fakultas tersebut berada di ruang lingkup yang sama, yaitu  Information and Communication Technology (ICT). 

Bidang ini diharapkan bisa menjadi inovasi dalam hal pengembangan transformasi digital, seperti kemudahan akses dalam mendapatkan informasi di berbagai bidang. Proses transformasi digital ini, menjadi hal yang harus dijalankan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti sekarang.

Apa saja daftar jurusan Elektro dan Informatika?

Berikut ini merupakan daftar jurusan yang biasanya ada di bidang elektro dan informatika:

  1. Ilmu Komputer : Di jurusan ini nantinya kamu akan mempelajari dasar ilmu komputer seperti sistem perangkat keras,  dan perangkat lunak. Walaupun mungkin disaat masih di bangku sekolah kamu sudah mempelajarinya, tapi pada tingkat kuliah materinya akan lebih rinci. Contohnya kamu akan mempelajari tentang sistem algoritma, konsep ide sebuah aplikasi, teori jaringan dan masih banyak lagi.
  2. Informatika : Jurusan ini mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.
  3. Instrumentasi : Instrumentasi yang merupakan bidang multidisiplin yang memerlukan pengetahuan komprehensif, meliputi aspek dasar sains (khususnya Fisika) dan aplikasinya dalam sebuah perangkat (instrumen). 
  4. Pendidikan teknik informatika : Jurusan ini mempelajari program pembelajaran Teknologi Informatika dan Komputerisasi (TIK), media pembelajaran kreatif, merancang program, merancang jaringan, dan cara menjadi pendidik.
  5. Elektronika dan instrumentasi : Ilmu yang mengimplementasikan bidang instrumentasi yang didasarkan pada ilmu-ilmu di bidang elektronika dan komputer. Pengertian instrumentasi disini yaitu suatu alat yang biasanya digunakan untuk keperluan skala besar maupun skala kecil suatu sistem contohnya seperti sensor, kontroler dan aktuator.
  6. Sistem informasi : Di jurusan ini menggabungkan ilmu komputer dengan manajemen. Jurusan ini mempelajari bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan, kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Nah di jurusan ini kamu bisa saja memanfaatkannya untuk membuka bisnis sendiri di bidang komputerisasi ataupun informatika di kemudian hari.
  7. Sistem komputer : Di jurusan ini kamu akan lebih banyak mempelajari perancangan sistem perangkat keras digital, termasuk komputer dan sistem telekomunikasi. Tapi, disini kamu akan tetap mempelajari sistem perangkat lunak, nantinya akan memfokuskan pada interaksinya dengan perangkat keras serta bagaimana membangun sebuah jaringan internet.
  8. Teknik elektro : Biasanya mempelajari kelistrikan dengan arus rendah atau lemah serta penerapannya. Kalo masuk jurusan ini, belajar tentang hardware, robotika, elektronika dan hal lain yang berkaitan sama listrik arus lemah dan  listrik arus kuat.
  9. Teknik komputer : Di jurusan ini kamu akan mempelajari cara merancang dan membangun “otak” dari komputer atau alat elektronik lainnya yang akan mengontrol jalannya sistem.
  10. Teknologi informasi : Jurusan ini mempelajari komponen penyusun hardware, software, dan brainware. Teknologi informasi dapat diartikan sebagai sebuah perangkat (baik perangkat keras maupun lunak) yang akan digunakan untuk mendukung pengolahan data dan informasi secara cepat dan berkualitas.

Keuntungan kuliah di bidang jurusan Elektro dan Informatika:

Ada beberapa keuntungan nih buat kamu yang memilih bidang ini, yaitu:

  1. Lulusan Teknik Elektro banyak diperlukan perusahaan untuk membangun sistem distribusi sistem  tenaga listrik
  2. Pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi yang semakin pesat tentunya membutuhkan dukungan sumber daya manusia yang cukup.
  3. Kamu akan menjadi lebih terbuka dan juga menyadari perkembangan teknologi, yang membantu mendukung kesuksesan kuliah yang sedang dijalani. 
  4. Jika kamu kuliah di jurusan ini maka kamu bisa menjadi sangat update mengenai perkembangan dari suatu perangkat teknik informatika.

Prospek Kerja bidang jurusan Elektro dan Informatika

Bagaimana dengan prospek kerja bidang jurusan elektro dan informatika? Berikut informasinya:

  1. Seseorang dengan kualifikasi pendidikan Teknik Elektro sangat dibutuhkan hampir di seluruh lini industri seperti telekomunikasi, manufaktur, IT, pembangkit listrik, hingga perminyakan dan pertambangan.
  2. Di era digital seperti sekarang ini, lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah, BUMN, seperti Telkom, PLN, dll. 
  3. Selain itu kamu jugJurusan Elektro dan Informatikaa dapat bekerja di perusahaan-perusahaan swasta. Perusahaan  besar seperti Google juga patut kamu jajal.
  4. Jika mengambil jurusan ini, peluangmu untuk bekerja di start up juga sangat besar loh!
  5. Kamu pun bisa bekerja sebagai independent self-employe dengan menjadi konsultan dalam pengembangan suatu sistem menggunakan software database tertentu atau menjadi pengusaha dengan membuat start up mu sendiri.

Nah, daftar diatas baru beberapa contoh prospek bekerja di bidang jurusan elektro dan informatika loh! Masih banyak lagi kesempatan atau prospek pekerjaan bidang ini di kedepannya, karena memang bidang yang akan kamu pelajari merupakan hal terpenting di kehidupan masyarakat. Jadi buat kamu yang memang tertarik, jangan ragu untuk bergabung di bidang jurusan Elektro dan Informatika apa lagi dengan hadirnya RBD yang siap membantu kamu menggapai PTN impian kamu!

Dengan 2 program yang bisa kamu pilih sesuai keingananmu. Dari Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya, hingga Online Learning yang interaktif.

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *