JURUSAN PETERNAKAN

JURUSAN PETERNAKAN

Apa itu Bidang Jurusan Peternakan?

Bidang peternakan sering kali dianggap remeh oleh siswa-siswa yang akan masuk dunia perkuliahan. Padahal tanpa adanya lulusan peternakan mungkin masyarakat Indonesia sering mendapat masalah saat mengkonsumsi daging-daging ternak seperti ayam, sapi, kambing, dan lainnya. Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi untuk mengembangkan industri peternakan, seperti tentang teknologi produksi, teknologi pakan, teknologi pengolahan, serta manajemen dan perencanaan usaha. Sehingga dapat menghasilkan daging yang lebih banyak dan sehat, mempercepat populasi hewan ternak dengan baik, mendapat susu murni dari hewan ternak yang terbaik untuk dikonsumsi.

Daftar Jurusan di Bidang Peternakan

Buat kamu yang ingin tahu jurusan dari bidang Peternakan, berikut daftar jurusan yang ada di bidang peternakan:

  1. Ilmu Peternakan: Jurusan ini mempelajari ilmu mengenai hewan-hewan ternak dan industri peternakan.
  2. Teknologi Hasil Ternak: Jurusan ini mempelajari pengolahan dan rekayasa produk hasil hewan seperti daging, susu, telur dan hasil ikutan seperti kulit, tulang, bulu menjadi produk olahan yang fungsional dan berkualitas.
  3. Nutrisi dan Teknologi Pakan: Jurusan ini mempelajari ilmu dan teknologi peternakan tropis yang berfokus pada nutrisi dan makanan ternak untuk menunjang bidang peternakan.

Keuntungan Kuliah di Bidang Peternakan?

Mulai penasaran dengan bidang ini? Pengen tau keuntungan masuk bidang jurusan Peternakan? Ayo disimak! 

  1. Kamu dapat memajukan industri peternakan di Indonesia dengan meningkatkan produktivitas dan mutu genetik di peternakan menggunakan teknologi yang modern. 
  2. Kamu akan bisa membantu meningkatkan tumbuh kembang hewan ternak dengan baik. Sehingga bisa menghasilkan daging yang lebih banyak dan sehat, mempercepat populasi hewan ternak dengan baik, mendapat susu murni dari hewan ternak yang terbaik.

Bagaimana Prospek Kerja di Bidang Peternakan?

Lalu, bagaimana dengan prospek kerjanya? Prospek kerjanya di bidang peternakan bagus banget nih! Contohnya :

  1. Kamu bisa bekerja di Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah.
  2. Sebagai pengendali mutu produk dan kesehatan
  3. Konsultan peternakan
  4. Surveyor untuk Badan Koordinasi Survei juga di Badan Pertanahan Nasional
  5. Kamu dapat bekerja di Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI
  6. Kamu juga dapat menjadi dosen

Gimana? Menarik bukan ? Ayo gabung di bidang jurusan Peternakan. Bekerja di bidang peternakan tentunya membantu kesejahteraan manusia juga. Tanpa adanya lulusan bidang peternakan, mungkin hewan ternak akan langka dan mahal harganya. Mau gabung di Bidang Peternakan karena RBD siap membantu kamu menggapai PTN impian kamu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang ada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *