Arthropoda

Arthropoda berasal dari bahasa Yunani, yaitu arthros yang berarti ruas dan podos yang berarti kaki. Hewan arthropoda adalah hewan yang memiliki kaki beruas atau organisme dengan kaki berbuku-buku. Filum Artropoda memiliki spesies yang paling besar, yaitu 75% dari seluruh hewan yang ada di seluruh dunia.

Sobat RBD pasti setidaknya pernah menemukan anggota kelompok hewan ini di rumah kalian. Ada kecoa, semut, nyamuk, ataupun kelabang. Apa aja ciri dari kelompok arthropoda? Yuu simak penjelasan berikut:

Ciri Arthropoda

  • Tubuh simetri bilateral, yaitu bagian tubuhnya tersusun bersebelahan dengan  bagian lainnya. Jika hewan tersebut dipotong melalui mulut dan anusnya, kita akan mendapatkan bagian yang sama antara sisi kiri dan sisi kanan. Hewan bersimetri bilateral ini mempunyai sisi atas (dorsal) dan sisi bawah (ventral), sisi kepala atau sisi depan yang disebut anterior dan sisi ekor atau sisi belakang yang disebut posterior.  
simetri tubuh pada coelenterata dan arthropoda
A. simetri radial pada anemon laut B. simetri bilateral pada serangga (Sumber: nyambungterus.com)
  • Tripoblastik selomata, yaitu memiliki tiga lapis sel pembentuk tubuh yang memiliki rongga tubuh berisi cairan.
lapisan tubuh hewan
Lapisan tubuh pada hewan invertebrata (Sumber: biologigonz.blogspot.com)
  • Rangka luar mengandung zat kitin yang mengelupas dan diperbaharui secara periodik.
  • Reproduksi terjadi secara seksual dan dalam perkembangannya ada yang mengalami metamorfosis yaitu perubahan bentuk tubuh dari sederhana menjadi sempurna.
metamorfosis pada anggota hewan Arthropoda
Metamorfosis pada kupu-kupu(sumber: detik.com)
  • Memiliki tubuh berbuku-buku, yang terbagi atas kepala (kaput), dada (toraks), dan perut (abdomen). 
  • Memiliki sistem organ tubuh yang lengkap, meliputi sistem peredaran darah, pencernaan, saraf, pernapasan, ekskresi, reproduksi, dan alat indera yang peka. 
  • Hewan arthropoda memiliki sistem peredaran darah terbuka dan darah tidak mengandung hemoglobin sehingga tidak berwarna merah. Pembuluh darah arthropoda berbentuk tabung yang terletak di sebelah dorsal saluran pencernaan dengan lubang-lubang lateral di daerah abdomen. Darah berfungsi mengangkut sari makanan dan zat sampah.
  • Sistem ekskresi arthropoda adalah sistem dengan pembuluh malphigi. Bahan-bahan yang diekskresikan akan dikeluarkan dari tubuh melalui anus.
  • Sistem saraf arthropoda terdiri dari ganglion anterior atau otak, sepasang penghubung, dan saraf-saraf preganglion yang saling berpasangan.
  • Memiliki mata majemuk, yaitu mata yang terdiri atas ribuan mata kecil yang berbentuk segi enam yang disebut mata faset.
  • Alat pernafasan yang hidup di air dengan insang dan yang hidup di darat dengan menggunakan paru-paru buku atau trakhea.
  • Alat indera berupa antena sebagai alat peraba dan mata sebagai alat penglihat.
  • Alat gerak berupa kaki dan sayap.

Klasifikasi Arthropoda

Umumnya, ada empat klasifikasi hewan arthropoda.  Pengelompokkan arthropoda didasarkan pada jumlah ruas tubuh dan jumlah kaki yang dimilikinya.

  1. Crustacea
  2. Arachnida
  3. Insecta
  4. Mtriapoda, meliputiChilopoda dan Diplopoda

Nah Sobat Rbd, sekarang udah tau kan ciri-ciri dari kelompok hewan berbuku-buku, untuk mengetahui klasifikasi hewan berbuku-buku, kalian bisa lihat di artikel yang lain. Semoga artikel ini bisa ngebantu kalian belajar di rumah yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *