Apa Itu NPSN? Ini Arti dan Fungsinya!

Saat ini banyak siswa mengira bahwa NISN dan NPSN itu adalah kode yang sama, padahal keduanya mempunyai definisi yang beda. Apakah kalian juga mengalami hal yang sama? Jadi, NISN ini kode yang befokus pada data siswa, sedangkan NPSN bagian program Kemdikbud bertujuan menyesuaikan data sekolah di Indonesia. Nah, sekarang kita akan bahas mengenai NPSN. Kenapa sih mau kita bahas? Karena NPSN ini akan kalian gunakan dalam proses pemenuhan syarat tertentu.

Apasih NPSN Itu?

NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional, yaitu kode pengenal bagi semua jenjang sekolah dari mulai jenjang TK, SD, SMP hingga SMA secara nasional. Kode ini terdiri dari 8 digit angka yang mana dapat membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Adapun lembaga yang mengembangkannya adalah Pusat Data dan Statistik dan Kebudayaan (PDSPK).

Buat kalian yang saat ini berada di tingkat SMA/MA/SMK dan ada keinginan untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP atau SNBT pada awal proses pendaftaran terutama saat awal registrasi akan dibutuhkan Nomor Pokok Sekolah Nasional ini. Selain itu, kalian akan dimintai data Nomor Induk Siswa Nasional juga melalui laman website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Jadi dapat disimpulkan bahwa kode NSPN sangat penting dan bisa kalian gunakan sebagai syarat program tertentu diantaranya :

  1. Pendaftaran masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
  2. Pendaftaran masuk Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)
  3. Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)
  4. Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Untuk mendapatkan informasi mengenai NPSN ini kalian bisa meminta langsung kepada pihak sekolah lebih tepatnya kepada Guru BK atau Wali Kelas. Tidak hanya itu, ada cara lain yang bisa kalian akses sendiri yaitu mengunjungi website Referensi Data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

apa itu NPSN

Perlu diingat bahwa NPSN bukan cuma kode pengenal saja, akan tetapi digunakan juga sebagai salah satu syarat untuk keperluan beberapa hal. Jadi kalian perlu menyiapkan ini sejak awal supaya tidak keteteran. Jangan lupa juga kepoin berbagai informasi dan program seru dari Rumah Belajar Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *