Perbedaan SNBT dan SBMPTN yang Wajib Kamu Tau!

Hallo sobat RBD! Apakah kalian sudah familiar dengan istilah SNBT atau masih belum move on sama istilah SBMPTN? Sudah tau perbedaan keduanya? Ada beberapa hal yang sama namun ada juga bedanya. Kita cari tau yuk!

Apa itu SNBT?

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) yang bersangkutan.

Tujuan SNBT

  1. memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu; dan
  2. memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.
  3. memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN secara lintas wilayah; dan
  4. Menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN

Nah selanjutnya akan dibahas mengenai perbedaan SBMPTN dan SNBT, check this out!

Perbedaan SNBT dan SBMPTN

  • Metode seleksi

Perubahan dari metode seleksi yaitu jika sebelumnya ada Tes Potensi Akademik (TPA), nah sekarang metode TPA sudah dihilangkan. Aturan baru ini diatur dalam Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022 yang menjelaskan tentang komposisi nilai raport untuk jalur prestasi, soal TPA yang akan dihilangkan, dan seleksi mandiri yang dituntut untuk lebih transparan.

  • Peserta seleksi

Berdasarkan Permendikbud nomor 48/2022 pasal 22 disebutkan bahwa peserta yang mengikuti SNBT adalah siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulusan pendidikan menengah paling lama 3 (tiga) tahun terakhir.

  • Waktu pelaksanaan

Jika SBMPTN biasanya dilaksanakan pada bulan setelah siswa mendapatkan hasil ujian sekolah yaitu bulan Juni atau Juli, sedangkan SNBT dilaksanakan sebelum hasil nilai tersebut dikeluarkan biasanya bulan April atau Mei.

  • Daya tampung

Daya tampung penerimaan mahasiswa melalui SNBT paling sedikit 40% untuk PTN BH (badan hukum) dan 30% untuk PTN. Yang dimaksud dengan PTN BH adalah PTN yang sepenuhnya milik negara dan beroperasi mirip dengan BUMN. Berikut ini contoh PTN BH yaitu UI, ITB, UNDIP, UNPAD, ITS, USU, UNHAS, UPI, dan masih contoh yang lain.

  • Jenis tes

Perbedaan yang paling terasa antara SBMPTN dan SNBT yaitu tes potensi akademik yang dihilangkan, maka hanya ada tes skolastik (TPS). TPS ini fungsinya untuk mengukur kemampuan kognitif, matematika, serta kemampuan literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, fokusnya pada kemampuan beripikir, bernalar dan pemecahan masalah.

Sobat RBD itulah penjelasan dari perbedaan SBMPTN dan SNBT, kalau kalian masih kepo info lainnya, cek artikel mengenai SIstem IRT pada SNBT.

Referensi:

Romanti. (2023). Mengenal Lebih Lanjut Status Perguruan Tinggi Negeri: PTN-BH, PTN-BLU, dan PTN-Satker. Online. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/mengenal-lebih-lanjut-status-perguruan-tinggi-negeri-ptn-bh-ptn-blu-dan-ptn-satker/#:~:text=Perbedaan%20Utama%20antara%20PTN%2DBH,Menteri%20Keuangan%20atas%20usul%20Mendikbudristek. [Diakses pada 2 November 2023]

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Republik Indonesia. Nomor 48 Tahun 2022. PDF. [diakses pada 2 november 2023]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *