Apakah Gap Year Membuang Waktu?

Setelah berbagai perhelatan seleksi perguruan tinggi negeri selesai, mungkin kamu jadi salah satu yang beruntung bisa berkuliah tahun ini. Namun, gak sedikit juga yang harus merelakan mimpinya berkuliah. Kalau udah gitu selain pasrah masuk ke PTS (buat yang ngebet kuliah), ada juga pilihan buat jadi gap year. Kalau kamu milih ini, apakah benar gap year membuang waktu?

Gap Year Membuang Waktu? Bisa Jadi Titik Balik!

Gap Year belakangan ini udah jadi hal yang umum di berbagai negara. Kamu gak perlu minder kalau kamu akhirnya gap year, karena mungkin gak semua hal bisa kamu dapatkan di waktu yang kamu inginkan. Asal kamu bisa manfaatin dengan baik, gap year kamu akan terasa lebih bermakna.

Kesempatan Belajar Hal Baru

Gap year ngasih kesempatan kamu buat belajar hal baru yang mungkin gak dipelajari kalau kamu langsung kuliah. Beberapa orang mungkin memilih untuk melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mengalami budaya baru dan bahasa yang berbeda. Hal ini dapat membuka pemahaman baru tentang dunia dan memperluas wawasan.

Menemukan Minat

Gap year juga dapat membantu kamu menemukan minat baru. Setelah menyelesaikan sekolah, mungkin kamu ngerasa bingung selanjutnya harus gimana. Gap year memberikan kamu waktu dan kesempatan buat mencari tahu apa yang disukai dan minati sebelum memutuskan studi selanjutnya.

Memperkuat Keterampilan

Gap year juga dapat membantu memperkuat keterampilan yang berguna buat masa depan kamu. Misalnya, kamu memilih untuk bekerja sambil mempelajari keterampilan baru yang berguna bagi karir atau studi selanjutnya. Hal ini juga dapat meningkatkan pengalaman kerja dan kemampuan dalam mengejar pekerjaan yang diinginkan.

Jadi, gap year gak selalu berarti kamu membuang waktu, asalkan kamu bisa memanfaatkanya dengan baik. Namun, penting untuk dicatat bahwa gap year gak selalu cocok buat semua orang dan memerlukan perencanaan yang baik. Selain itu, gap year juga dapat membutuhkan biaya yang cukup besar tergantung pada aktivitas yang dilakukan selama tahun tersebut.

Buat kamu yang memilih gap year dan mau mempersiapkan lebih matang UTBK-SNBT, di Rumah Belajar Digital ada kelas khusus buat gap year lho! Yuk bangkit kembali dan taklukkan UTBK-SNBT 2024 bersama Rumah Belajar Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *