Gimana Cara Bikin Shortened Clauses?

cara bikin shortened clauses

Hai sobat RBD! Kalian pernah ngalamin kan pas kalian bikin kalimat di Twitter, tapi terbatas jumlah karakter, jadi kita mesti menyingkat atau menulis kalimat yang pendek-pendek? Nah, kalau kalian tau cara bikin shortened clauses di dalam bahasa Inggris, kalian bisa menyingkat kalimat kalian dengan mudah lho.

Beberapa orang menyebut shortened clauses sebagai reduced relative clauses. Kenapa? Karena sebetulnya klausa tersebut bisa berasal dari adjective clauses, noun clauses, atau adverbial clauses yang bersifat relative (mengubungkan) dengan ide-ide dalam sebuah kalimat. Biasanya kita bisa mempersingkat klausa-klausa tersebut jika kita mau memberikan informasi tentang subjek kalimat, meskipun klausa yang merujuk pada objek juga sebenarnya bisa dipersingkat.

Caranya? Hilangkan Relative Pronoun

Metode pertama yang bisa dilakukan dalam mempersingkat klausa yang bisa sobat RBD coba adalah dengan menghilangkan relative pronoun seperti who, which, atau that dari klausa biasa. Mari kita lihat contoh kalimat menggunakan kata teacher di bawah ini.

Teacher (kata benda) – A person who teaches you the lessons that you learn at school.

Yang diberi bold adalah klausa yang memberikan informasi lebih lanjut tentang kata person dan lessons pada kalimat. Kemudian lihat kata hubung who dan that pada kalimat tersebut. Dua kata itulah yang bisa kita hilangkan, sehingga kalimatnya jadi lebih pendek.

Mari kita pecah kalimat ini menjadi dua kalimat yang digunakan untuk melihat perbedaan idenya:

Kalimat 1: Teacher teaches you the lessons

Kalimat 2: You learn the lessons at school.

Shortened Clause: Teacher is a person (who is) teaching you the lessons (that) you learned at school.

Shortened Clause: Teacher is a person teaching you the lessons you learned at school.

Di dalam shortened clause ini, kita telah mengeliminasi who/that dan hasil akhirnya adalah klausa yang dipersingkat. Kata kerja di depan objek bisa diubah menjadi aktif (teaching) ataupun pasif (learned), namun harus sesuai dengan makna yang ingin disampaikan. Ini adalah cara yang sangat umum dalam membentuk shortened clauses yang biasanya dipakai untuk interaksi lisan.

Menghilangkan Komponen Lain

Coba sekarang kita persingkat contoh kalimat lainnya:

  • Mondays are usually the days (when) I feel the most stressed out.
  • They were the only locals (who/that) I talked to during my trip.

Apakah kita dapat menyebut klausa ini dipersingkat jika kita hanya menghilangkan relative pronoun (kata ganti relatif) seperti who, when, that dsb? Ternyata, mungkin tidak semudah itu konsepnya.

Menurut beberapa pengamat tata bahasa, dalam relative clause yang benar-benar dipersingkat, kita tidak hanya harus menghilangkan kata relative pronoun, tetapi juga harus memodifikasi atau menghapus komponen lain.

Hal ini tergantung pada kalimat yang terlibat dan apa yang kita hilangkan atau modifikasi. Jika kita ingin memastikan klausa kita disingkat dengan baik, kita bisa menggunakan salah satu dari penyingkatan komponen berikut ini:

Present Participle Phrases

Contoh:

  • The students who practice grammar every day will improve their writing.

Hilangkan who and gunakan Verb-ing sebagai present participle phrases (practice + -ing = practicing). Inilah hasilnya:

  • The students practicing grammar every day will improve their writing.

Perfect Participle Phrases

Contoh:

  • The students who have studied grammar regularly won’t have any problems on the test.

Ketika pola kalimatnya mempunyai have/has + past participle, ada dua kemungkinan cara menyingkatnya:

1) menyingkat menjadi present participle

  • The students studying grammar regularly won’t have any problems on the test.
    Di contoh ini, siswanya masih sedang belajar, jadi masih ada waktu sebelum tes.

2) menyingkat menjadi perfect participle (having + past participle)

Cara lainnya adalah menghilangkan relative pronoun dan mengubah have, has atau had ke having.

  • The students having studied grammar regularly won’t have any problems on the test.

Ketika menggunakan perfect participle phrases, kalimatnya menekankan bahwa tindakan yang dibahas sudah selesai dilakukan. Dalam contoh ini, tidak ada waktu untuk belajar lagi, karena tesnya sudah dimulai.

Itulah beberapa cara bikin shortened clauses dari kalimat panjang yang kita bikin. Sebenernya masih ada beberapa cara lain. Nanti deh kita bahas di lain kesempatan ya 😀 Jangan lupa follow media sosial Rumah Belajar Digital dan pantengin terus blog-nya untuk info-info materi kelas XI bahasa Inggris yaa. Sampai jumpa di post selanjutnya!

REFERENSI: https://vocab.chat/blog/reduced-relative-clauses.html#:~:text=Reduced%20relative%20clauses%20are%20also,object%20can%20also%20be%20reduced.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *