Jurusan Pendidikan MIPA

Jurusan Pendidikan MIPA

Apa itu bidang jurusan Pendidikan MIPA?

Siapa disini yang dari dulu suka pelajaran MIPA dan ingin jadi guru MIPA? 

Untuk menjadi seorang guru MIPA, kalian harus masuk ke bidang jurusan Pendidikan MIPA, ya. Bidang jurusan ini akan memberikan kalian ilmu mengenai MIPA itu sendiri dan ilmu mengajar juga tentunya. Di bidang jurusan ini, kalian akan mempelajari ilmu MIPA secara mendalam termasuk melakukan berbagai praktikum. Selain itu, kalian juga akan belajar tentang dunia pendidikan, seperti bagaimana menjadi guru yang ideal, belajar membuat persiapan mengajar, membuat bahan evaluasi kegiatan belajar, melakukan simulasi mengajar, dan mempelajari sistem serta kurikulum yang berlaku di Indonesia.

Jurusan apa saja yang termasuk ke bidang Pendidikan MIPA?

Berikut ini daftar Jurusan di bidang Pendidikan Mipa :

  1. Pendidikan IPA

Di beberapa perguruan tinggi, jurusan pendidikan IPA dipecah ke dalam beberapa bagian ilmu pengetahuan alam, seperti Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia. Pada program studi ini selain akan diajarkan tentang materi IPA, juga akan diajarkan teknik pengajaran, sesuai dengan ruang lingkupnya, baik ruang lingkup SD, SMP, hingga SMA.

  1. Pendidikan Matematika

Di jurusan ini, selain mempelajari dasar-dasar ilmu matematika seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistika, dan trigonometri, kalian juga akan mempelajari dasar-dasar ilmu IPA lainnya seperti fisika, biologi, dan kimia. Sama halnya dengan jurusan-jurusan pada rumpun ilmu pendidikan lainnya, di jurusan Pendidikan Matematika juga akan diajarkan teori-teori pendidikan yang mencakup metode pembelajaran matematika, perencanaan pengajaran, dan evaluasi pengajaran.

  1. Pendidikan Biologi

Sama halnya dengan jurusan pendidikan IPA dan pendidikan matematika, di jurusan Pendidikan Biologi kalian juga akan mempelajari ilmu biologi secara mendalam termasuk kegiatan praktikum serta ilmu tentang pendidikan juga. 

Keuntungan Kuliah di Bidang Pendidikan MIPA

Ada beberapa keuntungan nih, kalau kamu memilih kuliah di bidang jurusan pendidikan MIPA:

  1. Kalian akan mendapat dua ilmu sekaligus, ilmu MIPA murni serta ilmu kependidikan, yang keduanya sangat bermanfaat untuk kehidupan.
  2. Kalian dapat membantu Indonesia dalam menghasilkan generasi-generasi penerus yang berkualitas.
  3. Kalian dapat memahami karakter siswa dan dapat membantu menyelesaikan kesulitan yang mereka alami.

Prospek kerja di bidang jurusan Pendidikan MIPA

Prospek kerja lulusan bidang jurusan pendidikan MIPA juga cukup luas, diantaranya:

  1. Kalian dapat bekerja di institusi pemerintahan maupun swasta untuk menjadi seorang pengajar (guru dan dosen) yang ideal dan kompeten.
  2. Kalian bisa menjadi kepala sekolah atau bisa juga bisa terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan institusi pendidikan.
  3. Kalian bisa menjadi seorang entrepreneur di bidang pendidikan, seperti membuka tempat bimbel atau menjadi Content Creator dengan tema Pendidikan dan Sekolah.
  4. Kalian juga bisa menulis buku ajar, menyusun buku latihan soal, ataupun jadi editor yang khusus menangani pelajaran MIPA.

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Pendidikan MIPA? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *