Jurusan Manajemen Sumber Daya Alam

Jurusan Manajemen Sumber Daya Alam

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata “Sumber Daya Alam”? Pasti sesuatu yang melimpah, bukan? Menurut definisinya, Sumber Daya Alam (SDA) adalah keseluruhan faktor baik fisika, kimia, biologi dan sosial yang membentuk lingkungan sekitar kita. Sesuatu yang melimpah tersebut tentu harus kita atur, atau dalam kata lain harus kita manage, dan hal tersebut dapat kita pelajari loh di bidang jurusan Manajemen Sumber Daya Alam.

Apa itu bidang jurusan Manajemen Sumber Daya Alam?

Bidang jurusan Manajemen sumber daya alam adalah jurusan yang mempelajari penerapan ilmu manajemen terhadap sumber daya alam seperti lahan, air, tanah, tumbuhan, dan hewan dengan fokus terhadap bagaimana manajemen mampu mempengaruhi kualitas hidup manusia sekarang dan masa depan. Manajemen sumber daya alam mengatur bagaimana manusia dan alam berinteraksi. 

Daftar jurusan yang termasuk ke bidang Manajemen Sumber Daya Alam

1) Manajemen

Jangan salah, ya, manusia juga merupakan sumber daya alam. Di jurusan manajemen kalian akan belajar mengembangkan sumber daya manusia dengan kompetensi penguasaan ilmu dan keterampilan dalam konteks perorangan dan organisasi. Jurusan Manajemen mempelajari pengelolaan bisnis, dari pemasaran, SDM, operation, strategi, hingga keuangannya.

2) Manajemen Hutan

Di jurusan Manajemen Hutan, kalian akan mempelajari cara pengelolaan sumberdaya hutan, inventarisasi, dan perumusan kebijakan dalam pengelolaan hutan lestari berbasis ekosistem. Manajemen Hutan mencakup ilmu tentang aspek administratif, ekonomi, hukum, dan sosial berkaitan dengan kehutanan. Manajemen Hutan mendalami teknologi dan kebijakan untuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pengelolaan hutan berbasis ekosistem. 

3) Manajemen Sumber Daya Perairan

Manajemen Sumber Daya Perairan mempelajari tentang cara mengelola lingkungan perairan baik itu air tawar, payau, atau laut yang lestari dan berkelanjutan, baik itu sumber daya alamnya maupun manusianya. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di antaranya adalah mata kuliah ekologi perairan, kualitas air, dan pencemaran perairan.

4) Manajemen Sumber Daya Akuatik

Manajemen Sumber Daya Akuatik mempelajari segala hal yang berkaitan dengan sumberdaya perairan seperti laut, lingkungan disekitarnya, sosial masyarakatnya, serta hukum-hukum yang berkaitan. 

5) Manajemen Sumber Daya Lahan

Di jurusan ini, kalian akan melakukan pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Kalian nanti akan mempelajari berbagai aspek tentang tanah, seperti pembentukan, klasifikasi, pemetaan, berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, sekaligus mengenai pemanfaatan dan pengelolaannya.

Keuntungan kuliah di bidang Manajemen Sumber Daya Alam

Terdapat beberapa keuntungan jika berkuliah di bidang jurusan Manajemen Sumber Daya Alam loh! Diantaranya:

  1. Kalian akan mengetahui potensi-potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia
  2. Kalian mampu menganalisis sumber daya alam yang ada di Indonesia dan mampu mengelolanya agar memiliki kualitas yang tinggi serta dapat bijak dalam pengelolaannya.
  3. Memiliki prospek kerja yang sangat luas, karena seperti kita tahu bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat banyak sehingga perlu dikelola secara bijaksana.

Prospek Kerja di bidang Manajemen Sumber Daya Alam

Beberapa keuntungan dan prospek kerja jika kalian terjun di bidang jurusan manajemen sumber daya alam diantaranya adalah:

  1. Kalian dapat bekerja di Instansi Pemerintahan dan BUMN
  2. Menjadi seorang wirausahawan
  3. Jika memilih jurusan manajemen hutan kalian dapat bekerja sebagai SIG (Sistem Informasi Geografis) Analis, Ahli Pemetaan, Tenaga Ahli Sertifikasi Hutan, Lembaga swadaya masyarakat (LSM) berbasis kehutanan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  4. Jika kalian memilih jurusan manajemen sumber daya perairan atau manajemen sumber daya akuatik kalian dapat bekerja di Kementerian Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan dan Kelautan, LIPI, Pertambangan, dan Perminyakan.

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Sumber Daya Alam? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *