Jurusan Politik dan Pemerintahan

Jurusan Politik dan Pemerintahan

Apa itu bidang jurusan Politik dan Pemerintahan?

Bidang jurusan Politik dan Pemerintahan adalah bidang yang mengkaji berbagai fenomena sosial politik baik dalam lingkup nasional maupun dalam ranah internasional. Kuliah di bidang jurusan ini akan membekali kalian ilmu secara teoritis dan juga praktis mengenai mengelola negara serta sistemnya yang kemudian mengarahkan kalian untuk memecahkan solusi untuk permasalahan sosial politik. Kalian juga akan dibekali ilmu untuk memanajemen sumber daya manusia dalam lingkup pemerintahan serta bagaimana menjalankan juga mengelola suatu sistem pemerintahan.

Daftar jurusan di bidang Politik dan Pemerintahan?

berikut daftar jurusan di bidang jurusan ini, antara lain,

  1. Ilmu Politik, yang menganalisis permasalahan sosial politik secara kritis serta solutif dalam pemecahan masalahnya.
  2. Ilmu Pemerintahan, yang mempelajari bagaimana mengelola administrasi dan organisasi dari lembaga pemerintahan.
  3. Manajemen dan Kebijakan Publik, mempelajari pengelolaan sistem dan kebijakan yang berkaitan dengan permasalahan sosial masyarakat serta solusinya.

Keuntungan kuliah di bidang jurusan Politik dan Pemerintahan?

Ada banyak keuntungan loh, jika kamu kuliah di bidang politik dan pemerintahan. Selain kalian akan menjadi lebih kritis dalam menghadapi permasalahan sosial, kalian juga akan memiliki pola pikir yang lebih luas dalam menanggapi permasalahan sosial politik di masyarakat. Prospek kerja lulusan bidang jurusan ini juga sudah pasti akan mendapatkan kesempatan besar untuk menjadi bagian dari jajaran pemerintahan maupun menjadi konsultan kebijakan. Artinya kuliah di bidang jurusan ini akan membuka jalan kalian untuk berperan aktif dalam mengelola negara.

Prospek kerja lulusan bidang Politik dan Pemerintahan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, prospek kerja lulusan bidang jurusan politik dan pemerintahan cukup menjanjikan, kalian berkesempatan untuk bekerja di lembaga pemerintahan legislatif, yudikatif, bahkan eksekutif, atau kalian juga bisa bekerja sebagai konsultan kebijakan negara, menjadi bagian dari pengurus partai politik, bekerja di dinas-dinas pemerintahan, menjadi jurnalis politik, humas pemerintahan, dan masih banyak lagi. Pokoknya bidang jurusan politik dan pemerintahan ini cocok banget buat kalian yang ingin berkontribusi dalam mengelola negara!

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Politik dan Pemerintahan? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung dan sekitarnya, kamu bisa memilih Bimbel Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu yang hanya ingin bimbel Online saja, bisa memilih Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *