Jurusan SAINS MIPA

JURUSAN SAINS MIPA

Siapa di sini yang tidak familiar dengan bidang ini Sains Mipa ini? Bagaimana tidak? Kita bahkan sudah diperkenalkan dengan istilah IPA sejak duduk di bangku sekolah dasar, bukan? Maka tidak heran sepertinya sebagian besar dari kamu sudah kenal banget sama bidang ini. Tapi tentunya kalau sudah di bangku perkuliahan, ilmu dan pengalamannya akan lebih advance lagi, ya.

Apa itu bidang Jurusan SAINS MIPA?

Di bidang Sains MIPA, kamu akan lebih banyak melakukan observasi, riset dan praktek pada bidang eksakta. Yang dipelajari tidak jauh dari ilmu matematika, kimia, fisika dan biologi yang akan dijelaskan lebih detail di masing-masing jurusannya, ya.

Daftar jurusan di bidang SAINS MIPA?

  1. Matematika: mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu kamu berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. 
  2. Fisika: mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Kamu akan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
  3. Kimia: mempelajari struktur, komposisi, dan sifat materi dari skala atom hingga molekul, dan bagaimana mereka saling berinteraksi membentuk materi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa akan memperdalam kimia organik, kimia anorganik, biokimia, dan manajemen laboratorium.
  4. Biologi: mendalami ilmu tentang makhluk hidup, yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Beberapa objek yang dipelajari adalah struktur dan anatomi organisme, genetika, fisiologi, ekologi, perilaku, dan sel molekul yang terdapat pada setiap makhluk hidup.

Keuntungan kuliah di bidang jurusan SAINS MIPA?

Kalau kamu seneng banget sama ilmu-ilmu eksakta, dijamin kamu bakal cocok di bidang jurusan SAINS MIPA.  Kamu juga tidak perlu khawatir dengan persebaran kampusnya karena di Indonesia sendiri kamu akan banyak menemukan jurusan-jurusan bidang SAINS MIPA di wilayah manapun. Apa saja sih keuntungan kalau kamu berkuliah di bidang ini?

  1. Bidang jurusan Sains MIPA ini sangat aplikatif, sehingga ada banyak peluang karir bagi lulusan di bidang jurusan ini, misalnya di sektor teknologi, industri, bahkan keuangan.
  2. Kamu bisa melakukan observasi dan penelitian di bidang MIPA dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan.

Gimana, menarik bukan?

Prospek kerja di bidang jurusan SAINS MIPA?

Prospek kerja bidang jurusan SAINS MIPA juga menggiurkan loh! 

  1. Kamu bisa berkesempatan bekerja di berbagai jenis usaha atau lembaga, seperti Industri nasional/multinasional, Organisasi internasional (WHO), Perbankan (BNI, BRI, MANDIRI, dll), IT (Packet system, IBM, Jati Solution, Gameloft, dll)
  2. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintahan, seperti BATAN, LAPAN, LIPI, BPS, BPPT, PUSPITEK, BMKG, Departemen Pendidikan, Departemen Kesehatan, Departemen Keuangan, Kemenristek, dll
  3. Kamu yang senang melakukan riset bisa menjadi peneliti spesialis independen maupun peneliti di instansi pemerintah dan swasta
  4. Kalau kamu masuk ke jalur pendidikan, kamu bisa juga loh menjadi tenaga akademis seperti guru, tutor, maupun dosen
  5. Ada juga peluang menjadi sebagai kontraktor pada perusahaan konstruksi hingga field engineer pada industri perminyakan dan pertambangan
  6. Kamu juga bisa memulai bisnis sendiri loh, dari mulai bisnis pendidikan, konsultan, hingga pengusaha yang bergerak di bidang perkebunan atau peternakan.

Maka dari itu jangan Ragu untuk menjadikan Jurusan Sains MIPA sebagai pilihan bidang studi mu saat melanjutkan ke PTN, apa lagi dengan hadirnya RBD siap membantu kamu menggapai PTN impian kamu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *