Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia

Coba kita bayangkan kalau kita sekarang diberi kesempatan untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, bisakah kita menyebutkannya satu persatu? Hmmmm rasanya sulit ya, karena pada dasarnya keinginan kita tidak terbatas, itulah manusia. Namun pada kenyataannya alat pemuas kebutuhan yang ada terbatas. Itulah yang disebut dengan kelangkaan, yaitu kondisi dimana terbatasnya sumber daya, sehingga mengakibatkan kebutuhan manusia tidak tercukupi. 

Cara Mengatasi Kelangkaan

1. Menyusun skala prioritas

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, seseorang sebaiknya dapat menyusun skala prioritas, misalnya untuk siswa yang bersekolah lebih baik memprioritaskan peralatan untuk menunjang sekolah dibandingkan yang lainnya 

2. Memanfaatkan sumber daya pengganti

Sumber daya jika digunakan terus menerus akan habis, maka akan lebih baik kita kita mencari barang pengganti dengan fungsi yang sama dalam upaya penghematan sumber daya. Misalnya  sumber energi alternatif seperti biogas, biodiesel, dan lain sebagai pengganti minyak bumi. 

3. Mengelola sumber daya modal dengan tepat guna

Bagi seorang wirausahawan, hal ini dapat dilakukan dengan mengefisienkan biaya operasional, dengan harapan dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. 

Kebutuhan manusia menurut intensitasnya

1. Kebutuhan primer 

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang penting dan bersifat urgent atau jika ditunda akan menimbulkan dampak. Yang termasuk dalam kebutuhan primer adalah sandang (pakaian), pangan (makan dan minum), dan papan (rumah/tempat untuk berlindung).  

2. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, karena kebutuhan ini sifatnya untuk melengkapi dan meningkatkan kenyamanan. Contohnya kulkas, motor, dan lainnya.

3. Kebutuhan tersier 

Terakhir kebutuhan ini memiliki sifat gengsi biasanya dapat meningkatkan status sosial seseorang. Contohnya mobil mewah, perhiasan, dan barang mewah lainnya. 

Kebutuhan Berdasarkan Sifat

1. Kebutuhan jasmani

Kebutuhan ini berkaitan dengan kondisi fisik manusia. Contohnya makan, minum, tidur, olahraga dan lainnya.

2. Kebutuhan rohani

Sedangkan kebutuhan rohani berkaitan dengan kondisi batin seseorang, sehingga memunculkan perasaan tenang, bahagia, aman. Contohnya beribadah atau siraman rohani.

Kebutuhan Berdasarkan Subjek

1. Kebutuhan individu

Sesuai dengan namanya kebutuhan individu tergantung dengan kebutuhan individu tersebut. Biasanya tergantung dengan status sosial atau profesi yang dijalani seseorang. Misalnya seorang montir membutuhkan alat-alat bengkel untuk menunjang pekerjaanya.

2. Kebutuhan kelompok 

Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan akan barang atau jasa yang dibutuhkan secaa umum oleh masyarakat. Biasanya berbentuk fasilitas umum seperti jalan layang, rumah sakit, taman kota dan lainnya. 

Selamat belajar ya, klik disini untuk mengetahui artikel ekonomi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *