Sebaran Sumber Daya Alam Kehutanan

Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah hutan. Hutan ini menjadi potensi yang dapat dikembangkan dan berguna bagi keberlangsungan hidup manusia. Gak cuma itu aja, kita juga akan bahas sebaran sumber daya alam kehutanan yang ada di Indonesia. Yuk simak penjelasan di bawah ini ya!

Sumber Daya Alam Kehutanan

Ada banyak jenis hutan yang ada di Indonesia diantaranya hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana dan hutan bakau. Semua jenis hutan tersebut tentu memberikan peran terhadap kebutuhan hidup. Bahkan hutan juga menjadi penghasil oksigen di muka bumi loh. Nah, sekarang kita bahas apa saja potensi dari persebaran sumber daya alam kehutan tersebut.

Hutan Hujan Tropis

Jenis hutan ini merupakan jenis hutan yang memiliki sumber daya hayati paling tinggi. Tidak hanya itu, hutan ini juga menjadi penyimpan karbon, penyedia kayu dan habitat flora dan fauna bahkan menjadi sarana edukasi dan penelitian. Ada beberapa jenis flora yang ada yaitu rotan, anggrek, kantung semar dan lain-lain. Sedangkan jenis fauna terdapat harimau, orang utan, macan dan masih banyak lagi. Persebatan hutan hujan tropis berada di sebagian Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Hutan Musim

Jenis hutan musim di Indonesia banyak digunakan untuk keperluan produksi seperti kayu, karena di dalamnya terdapat jenis flora seperti jati, katapang dan sengon. Hutan musim bisa ditemui di Jawa dan menempati posisi kedua setelah hutan hujan tropis.

Hutan Sabana

Sabana mempunyai luas paling sempit diantara jenis hutan di Indonesia, begitu juga dengan kondisi flora dan faunanya yang sangat minim. Sebaran sabana ada di Nusa Tenggara, Madura dan Taman Nasioal Baluran. Fauna dari hutan ini adalah kuda, rusa dan burung.

Hutan Bakau

Hutan ini hanya dijumpai di batas daratan dan lautan dan bisa tumbuh di daerah tropis saja. Ciri hutan bakau adalah mempunyai akar menggantung yang banyak. Bakau ini berfungsi mecegah abrasi laut dan menjadi rumah bagi  biota perairan payau seperti ikan, kepiting, bangau dan udang. Persebaran bakau ada di Pantai utara Jawa, Selatan Kalimantan, Bali dan Kepulauan Riau.

Hutan Gambut

Hutan gambut adalah tipe hutan di daerah rawa. Tak hanya itu, sangat rawan juga juga terhadap kebakaran lahan dan ini menjadi masalah di Indonesia. Hutan gambut ini tersebar di Sumatera dan biasanya dialihkan menjadi lahan Perkebunan kelapa sawit sehingga rawan degradasi.

Fungsi hutan di Indonesia diantaranya adalah :

  • Fungsi ekonomis, artinya sumber daya alam yang terkandung di hutan dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya kayu meranti, agathis, kayu jati dan hasil lainnya.
  • Fungsi klimatologis, hutan menjaga stabilitas iklim dunia, suhu,kelembaban, dan curah hujan.
  • Fungsi edafik, dapat menjaga kesuburan tanah, daun-daun yang gugur dan jatuh dapat menjadi humus dan menyuburkan tanah.
  • Fungsi konservasi, menjaga kelestarian alam. Apabila hutan ditebang akan mengakibatkan lahan kritis di Indonesia meningkat.
  • Fungsi hidrologis, hutan menjaga kondisi dan kestabilan cadangan air tanah. Air hujan nantinya akan diserap oleh akar pohon dan menjadi air tanah.

Nah, itu penjelasan mengenai Persebaran Sumber Daya Alam Kehutanan. Biar makin seru belajarnya yuk gabung di Rumah Belajar Daniel. Kalian bisa belajar bareng tutor yang berpengalaman loh!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *