Kelompok Sosial Nyata dan Contohnya

Bentuk-Bentuk Kelompok Sosial Nyata (Teratur)

Halo Sobat RBD!

Kelompok sosial nyata atau yang biasa juga dikenal dengan kelompok sosial teratur/terorganisir merupakan salah satu jenis dari kelompok sosial. Kelompok sosial nyata adalah kelompok sosial yang antar anggotanya saling menyadari bahwa mereka adalah bagian dari kelompok dan terdapat pola interaksi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Jenis-Jenis Kelompok Sosial Nyata

jenis-jenis kelompok sosial teratur
Kelompok sosial nyata

Kelompok Formal dan Informal

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial dibagi menjadi dua jenis, yaitu kelompok formal dan kelompok informal.

Kelompok formal adalah kelompok yang terbentuk secara resmi dan hubungan antaranggotanya dilandasi sebuah aturan. Contohnya, OSIS dan lembaga pemerintahan.

Kelompok informal adalah kelompok yang tidak memiliki sistem dan struktur yang resmi. Contohnya, keluarga dan circle pertemanan.

Kelompok Sosial In-Group dan Out-Group

Menurut William G. Sumner, kelompok sosial dibagi menjadi dua jenis, yaitu kelompok in-group dan kelompok outgroup.

In-Group (kelompok dalam) adalah kelompok dimana individu tersebut menjadi bagian dari kelompok. Sedangkan, Out-Group (kelompok luar) adalah semua orang yang tidak termasuk dalam kelompok tempat individu tersebut menjadi anggotanya.

Contohnya, bagi seorang anak kelas 11 SMA, teman-teman seangkatannya yang sama-sama menduduki kelas 11 SMA merupakan in-group, sedangkan kakak kelas 12 atau adik kelas 10 merupakan out-group.

Kelompok Solidaritas Mekanik dan Solidaritas Organik

Menurut Emile Durkheim, kelompok sosial dibagi menjadi dua jenis, yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik.

Solidaritas mekanik biasa ditemui pada masyarakat desa dengan tingkat solidaritas yang tinggi dan pembagian kerja yang masih sangat sederhana. Sedangkan, solidaritas organik biasa ditemui pada masyarakat kota dengan kehidupan yang sudah lebih individualistis dan pembagian kerja yang kompleks.

Kelompok Sosial Primer dan Sekunder

Menurut Charles H. Cooley, kelompok sosial dibagi menjadi dua jenis, yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.

Kelompok primer memiliki jumlah anggota yang relatif sedikit, terdapat interaksi yang intens, serta memiliki hubungan emosional yang kuat. Kelompok ini bersifat natural (tidak mengharap imbalan). Contohnya, keluarga, circle pertemanan, komunitas.

Kelompok sekunder memiliki jumlah anggota yang relatif banyak yang bersifat impersonal (individual). Hubungan anggotanya formal dan bersifat kelembagaan. Contohnya, koperasi, hubungan antar rekan kerja di perkantoran, partai politik.

Kelompok Sosial Membership dan Reference

Menurut Robert K. Merton, kelompok sosial dibagi menjadi dua jenis, yaitu kelompok membership dan kelompok reference.

Kelompok membership adalah kelompok dimana seorang individu secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut. Contohnya, seorang member dari klub olahraga, maka klub olahraga menjadi kelompok membership.

elompok reference adalah kelompok yang dijadikan acuan dalam bertingkah laku seorang individu tetapi ia tidak termasuk dalam kelompok tersebut. Contohnya, seorang siswa yang terinspirasi oleh kelompok sepak bola favoritnya, maka kelompok sepak bola tersebut menjadi kelompok reference.

Kelompok Sosial Gemeinschaft dan Gesellschaft

Menurut Ferdinand Tonnies, kelompok sosial dibagi menjadi dua jenis, yaitu kelompok gemeinschaft (paguyuban) dan kelompok gesellschaft (patembayan).

Pada kelompok paguyuban, antar anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan alamiah serta bersifat kekal, seperti keluarga dan kekerabatan. Sedangkan pada kelompok patembayan, antar anggotanya diikat oleh hubungan kontrak atau perjanjian yang bersifat rasional, seperti hubungan industri dan organisasi politik.

Itu tadi penjelasan mengenai jenis-jenis kelompok sosial nyata, kalau kelompok sosial semu yang seperti apa ya kira-kira? Yuk baca artikel selanjutnya tentang jenis-jenis kelompok sosial semu beserta contohnya! Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian dan jangan lupa follow @rbdigital.id! Salam Edukasi RBD ūü§ó.

Referensi: 

  • Sosiologi untuk SMA Kelas XI – Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan KEMENDIKBUDRISTEK (2021)
  • Artikel Kelompok Sosial : Pengertian, Macam, Klasifikasi, Syarat, Ciri-Ciri Kelompok Sosial – Gramedia Blog
  • Pocket SKS Sosiologi SMA – Forum Edukasi¬†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *