Kelompok Sosial Semu dan Contohnya

Bentuk-Bentuk Kelompok Sosial Semu (Tidak Teratur)

Halo Sobat RBD!

Kelompok sosial semu adalah sekelompok orang yang berkumpul secara spontan dalam situasi tertentu. Kelompok ini bersifat sementara dan tidak ada pengorganisasian yang jelas. Karena memiliki kecenderungan sikap dan perilaku yang sama, kelompok ini juga sering disebut sebagai perilaku kolektif. Kelompok sosial semu dibagi dalam tiga jenis, yuk kita bahas!

Kerumunan (Crowd)

Kerumunan berisikan orang-orang yang tidak sengaja berkumpul secara fisik pada tempat yang sama dengan tujuan yang sama. Kelompok ini cenderung minim interaksi dan bersifat sementara.

contoh dari kerumunan adalah sekumpulan orang-orang yang menonton konser, sekumpulan orang yang sedang mengantri di depan ATM, atau kumpulan pengungsi korban bencana alam.

Massa

Massa merupakan sekelompok orang yang memiliki minat pada ide tertentu tetapi tidak terorganisir dan tidak memiliki ikatan antar anggotanya. Contohnya, para demonstran di depan gedung pemerintahan.

Publik

Publik adalah orang-orang yang tersebar keberadaannya namun disatukan oleh ketertarikan terhadap suatu isu dalam interaksi melalui media komunikasi. Contohnya, orang-orang yang mengikuti perkembangan sebuah kasus dan ikut mengomentari kasus tersebut.

Nah sekarang kalian sudah lebih bisa membedakan mana yang disebut kelompok sosial dan mana yang termasuk perilaku kolektif kan? Kalau kamu mau belajar materi ini lebih dalam, RBD punya LMS buat kamu!

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian! Salam Edukasi RBD 🤗.

Referensi: 

  • Sosiologi untuk SMA Kelas XI – Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan KEMENDIKBUDRISTEK (2021)
  • Artikel Kelompok Sosial : Pengertian, Macam, Klasifikasi, Syarat, Ciri-Ciri Kelompok Sosial – Gramedia Blog
  • Pocket SKS Sosiologi SMA – Forum Edukasi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *