Ketenagakerjaan: Pengertian, Konsep dan Jenisnya

Hallo sobat RBD! Pada artikel ini akan membahas tentang ketenagakerjaan, konsep, menghitung tingkat partisipasi angkatan kerja dan angka ketergantungan, sampai jenis jenis tenaga kerja, yuk kita simak!

Pengertian Ketenagakerjaan

Dalam UU No 13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan mendefinisikannya sebagai segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja

Penduduk dalam suatu negara dibagi dua, yaitu kelompok tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan penduduk berusia produktif antara 15-64 tahun, sedangkan bukan tenaga kerja merupakan penduduk yang berusia diluar usia kerja, yaitu dibawah 15 tahun dan diatas 64 tahun.

Selanjutnya tenga kerja dibagi menjadi angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

Angkatan kerja merupakan penduduk yang termasuk angkatan kerja adalah penduduk usia kerja (15 tahun dan lebih) yang bekerja, atau punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan pengangguran.

Sedangkan penduduk yang termasuk bukan angkatan kerja adalah penduduk usia kerja (15 tahun dan lebih) yang masih sekolah, mengurus rumah tangga atau melaksanakan kegiatan lainnya selain kegiatan pribadi.

Dibawah ini komposisi penduduk dan tenaga kerja semoga membantu teman-teman semua ya!

Komposisi Penduduk dan Tenaga Kerja

Selanjutnya, jika ada satu keluarga yaitu Pak Andi sebagai kepala keluarga yang bekerja, Bu Mira sebagai Ibu rumah tangga, dan anaknya Risna yang masih bersekolah, kira-kira siapa aja yang termasuk angkatan kerja dan bukan angkatan kerja?

Analisisnya sebagai berikut:

Pak Andi sebagai Angkatan kerja

Bu Mira sebagai bukan angkatan kerja

Risna sebagai bukan angkatan kerja 

Jika sekarang teman-teman masih bersekolah maka masuk pada golongan apa yaa?

Tingkat Partisitpasi Angkatan Kerja (TPAK)

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) adalah persentase banyaknya angkatan kerja terhadap banyaknya penduduk yang berumur sepuluh tahun ke atas.

Semakin besar jumlah penduduk yang tergolong bukan angkatan kerja, semakin kecil jumlah angkatan kerja yang mengakibatkan semakin kecil TPAK, dan sebaliknya. Adapun rumus menghitung tingkat partisitpas Angkatan kerja sebagai berikut:

$$\text{TPAK} = \frac{\text{jumlah angkatan kerja}}{\text{jumlah tenaga kerja}}\times 100% $$

Dimana:

Tenaga kerja = Angkatan kerja + Bukan angkatan kerja

Angkatan kerja = yang bekerja + penganggur

Angka ketergantungan/Dependency Ratio (DR)

Dependency ratio (DR) merupakan perbandingan (rasio) antara jumlah penduduk usia non produktif dengan jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun). Semakin tinggi dependency ratio menggambarkan semakin berat beban yang ditanggung oleh penduduk usia produktif karena harus mengeluarkan sebagian pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan penduduk usia non produktif, dan sebaliknya.

Dengan mengetahui DR maka dapat menunjukkan keadaan ekonomi suatu negara apakah tergolong negara maju atau negara yang sedang berkembang. Maka rumus menghitungnya sebagai berikut:

$$\text{DR} = \frac{\text{0-14th+P>65th}}{\text{P(15-64th)}}\times 100% $$

Jenis Tenaga Kerja

Dibawah ini pengelompokan tenaga kerja menurut kemampuan dan kualitas pekerjanya.

A. Tenaga Kerja Terdidik

Tenaga kerja terdidik memperoleh kemampuannya dalam bidang tertentu dengan cara menempuh pendidikan formal. Contohnya guru, arsitek, pilot, psikiater, dan lain-lain.

B. Tenaga Kerja Terlatih

Tenaga kerja terlatih merupakan pekerja yang memiliki keahlian di bidang tertentu dengan melalui latihan, kursus, atau pengalaman kerja. Contohnya koki, mekanik, desainer dan lain-lain.

C. Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih

Kali ini tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih merupakan pekerja yang hanya mengandalkan tenaga, namun hal ini tidak bisa diremehkan ya guys, karna pekerjaan seperti ini tidaklah mudah. Contohnya asisten rumah tangga, kuli bangunan, buruh pabrik dan lain lain.

jenis tenaga kerja

Jadi begitulah rangkaian materi ketenagakerjaan, gimana nih kalian sudah mengerti atau belum? kalau kalian mau tau materi selanjutnya yaitu mengenai pengangguran dan kalau mau belajar materi ini langsung sama Guru Hebat RBD, langsung aja kepoin programnya di Rumah Belajar Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *