Persendian

Persendian merupakan hubungan yang terjadi antar tulang, biasa disebut juga dengan artikulasi.  Hubungan antar tulang ini diikat oleh ligamen dan tendon. 

Tubuh manusia memiliki banyak sekali hubungan antar tulang yang menghubungkan satu tulang dan tulang lainnya di tubuh kita. Sendi di tubuh manusia bisa dibedakan menjadi 3 macam.

Amfiartosis (Sendi Kaku)

Merupakan persendian yang dapat digerakkan, tapi terbatas. Persendian amfiartrosis dibedakan menjadi dua.

  1. Simfisis adalah tulang yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan yang bentuknya seperti cakram. Contohnya, hubungan antara ruas-ruas tulang belakang.
Hubungan antara ruas-ruas tulang belakang (Sumber:asset.kompas.com)
  1. Sindesmosis adalah tulang yang terhubung oleh jaringan ikat serabut dan ligamen. Contohnya, ada pada persendian antara fibula dan tibia.
Persendian antara fibula dan tibia

Sinartrosis (Sendi Mati)

Persendian sinartrosis tidak memungkinkan terjadinya gerakan, dibedakan menjadi:

A. Sinartrosis Sinkondrosis

Persendian yang penghubungnya berupa tulang rawan. Contohnya, sendi antara tulang rusuk dan tulang dada.

Persendian Sinartrosis Sinkondrosis
Sinartrosis Sinkondrosis pada sendi antara tulang rusuk dan tulang dada

B. Sinartrosis Sinfibrosis

Persendian yang penghubungnya berupa serabut jaringan ikat fibrosa. Contohnya, hubungan pada tulang tengkorak (sutura).

Persendian sinartrosis Sinfibrosis
Hubungan pada tulang tengkorak

Diartrosis (Sendi Gerak)

Persendian yang memungkinkan terjadi banyak gerakan serta leluasa. 

jenis persendian
Macam-Macam Diartrosis (Sendi Gerak)

Jenis persendian diartrosis dapat dibedakan menjadi:

  1. Sendi geser (Plane), terdapat pada hubungan antar tulang yang memungkinkan pergerakan menggeser suatu tulang dengan tulang lain.  Contoh: sendi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.
  2. Sendi engsel (Hinge), sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan yang dilakukan ke satu arah. Contohnya sendi pada lutut dan siku.    
  1. Sendi putar (Pivot), tulang yang satu mengitari tulang yang lain. Bentuk seperti ini memungkinkan tulang itu saling menyilang. Contoh: sendi antara tulang leher dan tulang tengkorak.
  1. Sendi Kondiloid adalah jenis sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju mundur, namun tidak mengitari poros. Contohnya bisa ditemukan di bagian telapak tangan.
  2. Sendi pelana (Saddle), sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. Contohnya pada hubungan antara tulang telapak tangan dan ruas tulang ibu jari yang pertama.
  1. Sendi peluru (Ball and Socket), yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan ke semua arah. Sendi peluru terbentuk dengan ujung tulang yang berbentuk bola masuk pada bagian tulang lainnya yang berbentuk mangkuk.  Contoh: hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu.

Nah itulah tadi macam-macam sendi yang terdapat pada tubuh manusia. Untuk materi tentang sistem gerak lainnya kalian bisa baca di sini. Kalau mau belajar materi ini sama Guru Hebat RBD, bisa banget lho gabung sama bimbel RBD, banyak program menarik buat kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *