Legend dan Unsur-unsur Naratifnya

legend dan unsur-unsur naratifnya

What Is a Legend?

Halo, sobat RBD! Pernah nggak sih kamu baca cerita legend? Tentang apa ceritanya?

Legend atau legenda adalah sebuah bentuk narasi kuno tentang kejadian, tokoh, atau tempat yang diwariskan dari generasi ke generasi. Jenis cerita seperti ini memiliki cara unik untuk menawan imajinasi kita dan membawa kita ke dunia keajaiban yang sangat jauh dan tak masuk akal.

Sebenernya nih, daya tarik dari cerita legenda itu terletak pada kemampuan naratifnya untuk menggabungkan peristiwa sejarah dengan hal-hal fantastis yang ada di antara kenyataan dan mitos. Jadi jangan heran kalau ada tempat atau karakter dalam legenda yang bisa kamu temukan juga di dunia nyata, lho!

Dilihat dari klasifikasinya, legenda termasuk pada salah satu genre (jenis teks) dari narrative text. Masing-masing negara, daerah, dan budaya punya legenda yang berbeda. Di Barat, banyak sekali legenda yang terkenal, mulai dari legenda tentang Atlantis City hingga petualangan heroik King Arthur.

Seiring penyebarannya, legenda telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam budaya manusia. Cerita legenda yang sangat terkenal umumnya melibatkan manusia ke dalam cerita rakyat, sastra, bahkan budaya populer.

Unsur-unsur Naratif Legend (Legenda)

Ada unsur-unsur naratif apa aja sih dalam sebuah legenda?

Buat ngebantu kamu biar lebih paham tentang legenda, ayo kita pelajari beberapa unsur-unsur naratif terkait legenda di bawah ini.

Unsur-unsur naratif dalam teks legend.
Unsur-unsur naratif dalam teks legenda

Mengingat legenda adalah narrative text yang memadukan sejarah dan mitologi, unsur-unsur di atas dipadukan untuk menciptakan kisah yang menghibur, mendidik, dan menanamkan kearifan budaya kepada penonton, bahkan sampai-sampai sering diturunkan dari generasi para leluhur ke generasi kita sekarang.

Gimana nih, sobat RBD, udah kebayang belum unsur-unsur naratif ini di legenda favorit kamu? Sekarang kan kalian udah tau unsur-unsur naratif apa aja yang ada di teks legenda. Jangan ragu buat kasih tau legenda apa aja yang kamu suka di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel blog Rumah Belajar Digital selanjutnya!

Referensi:

  • Legend in Encyclopedia Britannica (2023). Diakses pada 28-06-2023: https://www.britannica.com/art/legend-literature
  • Literary Elements of a Legend. Diakses pada 28-06-2023: https://edubirdie.com/examples/some-of-the-literary-elements-of-a-legend/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *