Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tingkatan, Dan Bidang

Saat pembelajaran di kelas kita sering melihat bagaimana guru mengatur siswanya agar terciptanya pembelajaran yang efektif, begitu pula seorang manajer harus mengatur bagaimana agar pegawainya mengerjakan tugas dengan baik agar mencapai tujuan perusahaan. Sesuai materi kali ini akan kita bahas tentang pengertian, fungsi, tingkatan, dan bidang manajemen.

Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari kata ”to manage” yang artinya mengurus, mengatur, mengelola. Henry Fayol, menjelaskan bahwa manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasiaan, dan pengawasan/kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Selanjutnya Mary Parker Follet mengartikan manajemen sebagai sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Maka dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan proses perencanaan pengorganiasian, pengawasan melalui orang lain dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Unsur-Unsur Manajemen

Dalam melakukan kegiatan menajemen perlu adanya unsur pembentuk manajemen itu sendiri yang terdiri dari beberapa hal.

  • Man (manusia): selain dibutuhkan untuk pengoperasian, dengan kualitas SDM yang baik dapat meningkatkan kualitas Perusahaan.
  • Money (uang): uang merupakan landasan untuk melakukan kegiatan Perusahaan, namun pengelolaan uang juga harus dilakukan secara efektif dan efisien
  • Material (bahan): saat melakukan produksi diharapkan memilih bahan yang berkualitas agar menjaga citra perusahaan
  • Machine (mesin): setelah memilih bahan, perusahaan juga harus memilih mesin berkualitas dengan jangka waktu yang lama agar kegiatan produksi berjalan efektif.
  • Method (metode): metode diperlukan agar menjadi landasan unsur-unsur manajemen dijalankan sesuai prosedurnya.
  • Market (pasar): adanya teknik pemasaran yang baik akan membantu meningkatkan penjualan perusahaan.

Fungsi

Fungsi yang diartikan disini merupakan serangkaian kegiatan dalam manajemen, maka fungsi dibagi menjadi 4.

A. Perencanaan (planning)

Kegiatan perencanaan merupakan yang penting dalam manajemen, sebab dalam perencanaan dilakukan serangkaian kegiatan, mulai dari menetapkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang, memikirkan risiko yang akan terjadi, juga memberi arahan pada anggotanya agar melakukan tugas yang telah diberikan.

B. Pengorganisasian (organizing)

Dalam pengorganisasian seorang manajer harus bisa membagi tim sesuai denga napa yang telah direncanakan, selanjutnya manajer juga perlu menempatkan karyawan padan tim yang telah tersedia sesuai dengan keahliannya. Hal ini dilakukan agar proses manajemen dirasa efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.

C. Pelaksanaan (actuating)

Actuating adalah proses manajer memberikan pengarahan, sebagai pemimpin memberikan pengaruh melalui motivasi agar para karyawan bekerja dengan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

D. Pengawasan (controlling)

Setelah rangkaian kegiatan manajemen diatas diperlukan pengawasan atau evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja seluruh sumber daya perusahaan. Seorang manajer yang melakukan pengawasan akan menilai apakah kegiatan sudah sesuai dengan prosedur dan mencapai tujuan perusahaan.

Tingkatan

tingkatan manajemen

A. Bidang-Bidang Manajemen

Agar terciptanya proses yang efektif sesuai dengan tugas masing-masing maka proses manajemen dibagi menjadi beberapa bidang sebagai berikut.

  • bidang produksi: kegiatan yang dilakukan manajemen produksi adalah menambah nilai guna atau menghasilkan output perusahaan;
  • bidang administrasi: kegiatan manajemen administrasi adalah merencanakan kegiatan administrasi, seperti memelihara sarana dan prasarana;
  • bidang pemasaran: merupakan jembatan antara perusahaan dengan Masyarakat sebagai konsumen, misalnya menganalisis target pasar hingga promosi produk;
  • bidang keuangan: manajemen keuangan yang berkaitan dengan unsur uang, mulai dari pemasukan dan pengelolaan uang secara efektif;
  • bidang personalia: kali ini berkaitan dengan sumber daya manusia, dalam bidang personalia dilakukan mulai dari rekuitmen hingga pemecatan karyawan.

Itulah penjelasan mengenai konsep manajemen, semoga membantu kalian dalam belajar ya! Klik dibawah ini kalau mau tau materi sebelumnya tentang koperasi, kita bahas lengkap! Jangan lupa juga kepoin Rumah Belajar Digital buat program bimbel seru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *