MATERI UTBK 2022

Materi UTBK 2022

Materi UTBK 2022 telah di rilis oleh LTMPT pada 11 Desember 2021 yang lalu. Selain membahas jalur-jalur masuk PTN, tim LTMPT juga membahas Materi UTBK yang berubah dari tahun sebelumnya. Seperti apa perubahannya? Yuk simak di bawah ini!

Perubahan MATERI UTBK 2022

  1. Tes Potensi Skolastik (TPA)
    • TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran UmumKemampuan KuantitatifPengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.
  2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris
    • Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.
  3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)
    • Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Nah pada UTBK 2022 ini yang paling berbeda yaitu pada Bahasa Inggris. Jika sebelumnya Bahasa Inggris masuk ke kelompok Pengetahuan dan Pemahaman Umum, untuk UTBK 2022 Bahasa Inggris akan memiliki nilai sendiri tanpa digabung dengan PPU.

Mau info lainnya mengenai SNMPTN dan SBMPTN 2022? Simak terus blog RBDigital ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *