Pengangguran: Pengertian, Jenis, dan Menghitung TPT

Hallo sobat RBD! Masih dalam rangkaian materi kelas 11 kali ini materi yang akan dibahas yaitu pengangguran.

Taukah kamu Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat data Februari 2023 masih ada 7,99 juta pengangguran di Indonesia. Menurut BPS tahun ini tingkat pengangguran turun dibandingkan tahun 2022 lalu. Walaupun angka pengangguran berkurang dari tahun lalu, namun jumlahnya masih lebih tinggi dari angka sebelum pandemi.

Penyebab pengangguran di Indonesia bukan hanya kurangnya lapangan pekerjaan loh. Melainkan dipengaruhi juga oleh kemampuan, keterampilan, dan keinginan belajar para pencari pekerjaan.

Jika tingkat pengangguran masih tinggi, apakah para pelajar juga termasuk dalam kriteria pengangguran? Tentu tidak yaaa guys. Simak yuk penjelasannya!

Pengertian Pengangguran

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pengangguran adalah penduduk yang tidak bekerja namun sedang mencari pekerjaan atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena sudah diterima bekerja tetapi belum mulai bekerja.

Salah satu kriteria pengangguran yaitu sudah memasuki angkatan kerja (usia 15-64 tahun). Artinya kalian yang masih sekolah tidak termasuk pengangguran karena pelajar bukan termasuk angkatan kerja yaa.  

Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Selanjutnya akan dibahas lebih lengkap dibawah ini.

Jenis Pengangguran

Selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis pengangguran, ada apa aja ya?Pengangguran berdasarkan penyebabnya

  • Pengangguran structural

Pengangguran ini terjadi ketika tenaga kerja tidak dapat mengikuti keterampilan yang diminta karena adanya perubahan struktur ekonomi suatu negara. Sebagai ilustrasi terjadi perubahan struktur ekonomi dari bidang pertanian menjadi bidang industri. Petani dituntut untuk memiliki kemampuan bekerja, namun tidak semua petani dapat mengikuti perubahan struktur ini, disini lah terjadinya pengangguran structural.

  • Pengangguran kongjungtur atau siklikal

Penyebab terjadinya pengangguran ini adalah adanya resesi ekonomi, contohnya pada tahun 2020 terjadi resesi ekonomi pandemic covid-19, banyak perusahaan yang gulung tikar dan melakukan PHK massal, hal ini mengakibatkan meningkatnya  pengangguran.

  • Pengangguran friksional

Penyebab pengangguran friksional adalah saat pencari kerja kesulitan menemukan lowongan kerja, alasannya beragam, bisa karena menyeleksi banyak perusahaan, malas mencari informasi lowongan kerja, tidak ada urgensi cepat-cepat mencari kerja, dan lain sebagainya.

  • Pengangguran musiman

Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan musim, misalnya petani akan bekerja saat musim panen.

  • Pengangguran teknologi

Seiring meningkatnya teknologi, banyak pekerjaan manusia yang digantikan dengan mesin, misalnya pada kawasan pabrik peran manusia digantikan oleh robot, kasir digantikan oleh mesin, operator SPBU digantikan oleh mesin.

  • Pengangguran voluntary

Seseorang yang memilih tidak bekerja dengan sukarela, padahal sebenarnya mereka bisa mendapatkan pekerjaan tapi tidak mau bekerja.

Pengangguran berdasarkan sifatnya

  • Pengangguran terbuka (open unemployment)

Pengangguran terbuka yaitu Angkatan kerja yang sama sekali tidak bekerja.

  • Pengangguran terselubung  (distinguished unemployment)

Selanjutnya pengangguran terselubung merupakan pekerja yang memiliki produktivitas rendah karena ketidaksesuaian bidang pekerjaan atau beban pekerjaan yang sedikit daripada biasanya. Hal ini biasanya dampak dari terlalu banyaknya karyawan pada divisi tertentu padhal dapat berjalan hanya dengan sedikit pekerja.

  • Setengah menganggur (under unemployment)

Setengah menganggur ini biasanya disebut juga dengan freelance atau pekerja lepas yang jam kerjanya kurang dari 35 jam seminggu.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)

Tingkat pengangguran terbuka (TPT) adalah persentase jumlah pengangguran terhadap jumlah angkatan kerja.

$$\text{TPT} = \frac{\text{jumlah pengangguran}}{\text{jumlah angkatan kerja}}\times \text{100%} $$

Nah itulah materi pengangguran, jika kalian ingin tau bagaimana cara mengatasi pengangguran klik berikut ini ya cara mengatasi pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *