Faktor-faktor Persebaran Flora dan Fauna

Halo teman-teman Rumah Belajar Daniel! Kita belajar mengenai persebaran flora dan fauna yuk. Faktor-faktor persebaran flora dan fauna di dunia tidak hanya dipengaruhi oleh geografi, tetapi juga oleh sejumlah lainnya. Mulai dari iklim hingga makhluk hidup itu sendiri. Yuk kita bahas bareng-bareng mengenai rincian faktor-faktor tersebut.

Faktor Klimatik

Faktor persebaran flora dan fauna yang pertama adalah klimatik merupakan yang berhubungan dengan cuaca dan iklim di suatu wilayah. Adapun unsur-unsur yang memengaruhi faktor ini adalah suhu udara, sinar matahari, kelembapan udara, angin dan hujan.

Dari banyaknya unsur yang paling berpengaruh dalam factor klimatik adalah suhu udara. Semakin tinggi atau rendah suhu pada suatu wilayah, tentu akan berpengaruh pada flora dan fauna di sana. Contohnya di wilayah kutub utara ada beberapa hewan dan tumbuhan yang hidup disana seperti beruang kutub dan lumut, begitupun sebaliknya di wilayah gurun hanya beberapa hewan dan tumbuhan yang bertahan seperti kadal gurun dan kaktus.

Faktor Edafik

Faktor persebaran flora dan fauna yang kedua adalah edafik. Edafik merupakan faktor-faktor yang berhubungan dengan keadaan tanah di suatu wilayah. Adapun unsur-unsur yang memengaruhi faktor ini adalah pH tanah,struktur tanah, tekstur tanah, jenis tanah, kandungan tanah, dan kandungan udara.

Semakin subur tanah di suatu wilayah, semakin banyak hewan dan tumbuhan yang ada suatu wilayah. Contohnya karena di hutan banyak tanah subur maka ditemukan aneka tanaman serta hewan-hewan seperti orang utan, harimau, burung-burung. Terlebih jenis hewan herbivora karena banyaknya tanaman akan merasa tercukupi dari segi pangan. 

Faktor Fisiografis

Faktor fisiografis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik suatu wilayah. Hanya ada dua unsur saja yang memengaruhi faktor ini yaitu bentuk lahan dan ketinggian tempat. Tentu saja, flora dan fauna yang ada wilayah pesisir akan berbeda dengan wilayah pegunungan.

Faktor Makhluk Hidup

Pada faktor biotik sangat berhubungan dengan makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Jadi makluk hidup berperan sebagai media penyebaran. Contohnya manusia membantu persebaran berbagai flora dan fauna di seluruh dunia. Hal ini tentu membuat kita bisa melihat jenis flora dan fauna dari negara lain di negara kita.

Nah jadi itu adalah faktor-faktor persebarannya di dunia atau di Indonesia. Jadi kalau kalian berkunjung ke kebun binatang atau Taman Nasional udah bisa mengelompokkan dong. Lebih lengkapnya kamu bisa belajar bareng tutor-tutor keren di https://www.rbdigital.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *