PERBEDAAN NIS DAN NISN

Perbedaan NIS dan NISN

Untuk mendaftar PTN salah satu yang dibutuhkan yaitu NIS dan NISN, namun apa perbedaan dari keduanya? Yuk simak di bawah ini!

NISN

  1. NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional
  2. NISN merupakan sebuah nomor unik yang diberikan dan wajib dimiliki oleh setiap pelajar sekolah di seluruh Indonesia
  3. NISN merupakan nomor identitas khusus bagi pelajar dalam database Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia
  4. Setiap siswa memiliki satu NISN. Walaupun pelajarnya berpindah-pindah sekolah ke seluruh Indonesia. Karena nomor ini berlaku dalam skala nasional atau berlaku di seluruh Indonesia.
  5. NISN akan tetap berlaku, tetap digunakan dan tetap sah dimata hukum selama siswa tersebut masih menjadi seorang pelajar, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD/Sederajat), sekolah menengah pertama (SMP/Sederajat), hingga sekolah menengah atas (SMA/Sederajat), NISN yang digunakan tetaplah sama dan masih berlaku.
  6. Ketika siswa melanjutkan ke jenjang tingkatan selanjutnya di perguruan tinggi, nomor NISN ini tidak berlaku lagi. Biasanya yang digunakan pada jenjang perguruan tinggi adalah NIM

NIS

  1. NIS adalah singkatan dari Nomor Induk Sekolah
  2. Nomor ini diterbitkan atau dibuat oleh setiap sekolah bagi siswa/i nya.
  3. NIS hanya berlaku pada sekolah yang menerbitkan, dan tidak berlaku lagi ketika siswa pindah sekolah atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

KESIMPULAN

  1. NISN dibuat oleh kementerian, sementara NIS dibuat oleh sekolah yang menerbitkannya
  2. NISN berlaku di seluruh Indonesia, sementara NIS hanya berlaku di sekolah yang menerbitkannya
  3. NISN berlaku sampai pelajar lulus sebagai siswa/melanjutkan sebagai mahasiswa, sementara NIS berlaku sampai pelajar meninggalkan sekolah yang menerbitkan NIS nya
  4. NISN hanya dibuat satu kali, sementara NIS dapat dibuat berkali-kali sebanyak jumlah berapa kali siswa berpindah sekolah ataupun jenjang pendidikannya.

Bagi kamu pejuang PTN, RBD siap membantu kamu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Mau info SNMPTN dan SBMPTN lainnya? Yuk simak terus blog RBDigital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *