Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Artikel kali ini kita akan membahas pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Pernah dengan di berita bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia naik? Namun rasanya jarang berita menyebutkan bahwa pembangunan ekonomi Indonesia selalu naik, karena indikator pembangunan ekonomi lebih rinci dibandingkan pertumbuhan ekonomi.

Daripada penasaran mending kita bahas yuk mulai dari pengertian, cara menghitung, dan faktor pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan Ekonomi

Nah sekarang akan dijelaskan apa itu pertumbuhan ekonomi, dari kata-katanya saja “tumbuh” artinya “naik/meningkat”. Kalau gitu pertumbuhan ekonomi artinya kenaikan perekonomian? Betul sih namun kurang lengkap. Lengkapnya pertumbuhan ekonomi adalah kondisi di mana masyarakat suatu negara atau wilayah mengalami peningkatan pendapatan yang dapat disebabkan oleh kenaikan produksi barang dan jasa.

Kenaikan produksi barang dan jasa tersebut yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dan Produk Nasional Bruto (PNB). Namun untuk menghitung pertumbuhan ekonomi negara umunya menggunakan PDB ya!

Suatu negara perlu mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya untuk membantu pemerintah dalam mengevaluasi dan mengambil kebijakan ekonominya. Di bawah ini rumus peritungan pertumbuhan sebagai berikut.

rumus laju pertumbuhan ekonomi

Jika diketahui GDP negara Indonesia tahun 2022 sebesar 60.000 miliar, dan tahun 2023 sebesar 65.000, laju pertumbuhan ekonomi pada tahun 2023 adalah?

Diketahui:

A. Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Teman-teman suatu perekonomian tidak naik tanpa alasan, pasti ada faktor yang mempengaruhinya, mari kita lihat apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

  • Sumber Daya Alam (SDA), negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dapat mengembangkan perekonomian dan dengan sumber daya alam yang dimiliki dapat menarik investor untuk membangun industri.
  • Sumber Daya Manusia (SDM), yang berkualitas yakni berilmu pengetahuan tinggi, produktif dan memiliki hard skill serta soft skill akan mampu meningkatkan output maka pada akhirnya pertumbuhan ekonomi meningkat.
  • Modal, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi diperlukan modal yang tinggi oleh sebab itu negara berkembang memiliki keterbatasan dalam hal permodalan.
  • Teknologi, teknologi yang dikuasi oleh suatu negara mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena semakin mudahnya mengolah sumber daya alam yang dimiliki sehingga output meningkat.

Pembangunan Ekonomi

Apakah kalian tau proyek Indonesia Emas 2045? proyek tersebut memiliki tujuan membangun Indonesia menjadi negara yang setara dengan negara adidaya lainnya. Dengan segala permasalahan pembangunan yang ada, proyek ini diharapkan akan memberikan dampak dan manfaat pembangunan infrastruktur yang terdistribusi merata bagi kesejahteraan rakyat serta kemajuan bangsa.

Untuk mencapai impian Indonesia Emas 2045, pembangunan ekonomi tidak hanya mempertimbangkan GDP saja, namun lebih memperhatikan aspek lain seperti pembangunan infrastruktur, kualitas pendidikan, juga pemerataan pendapatan.

Nah jadi kesimpulannya pembangunan ekonomi yaitu meningkatnya pertumbuhan ekonomi dibarengi dengan kemajuan teknologi, pembangunan infratruktur, dan pemerataan pendapatan.

A. Permasalahan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

1. Ketimpangan Pembangunan

Ketimpangan dalam pembangunan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di setiap daerah, misalnya di Jakarta pembangunan infrastruktur terus dilakukan sementara di daerah lain untuk membangun jembatan antar daerah pun masih sulit.

2. Kemiskinan

Hal mungkin terdengar seperti cerita lama ya, namun ini selalu menjadi masalah negara berkembang.  Kemiskinan adalah salah satu akibat dari rendahnya kualitas SDM dan tidak meratanya pendapatan dalam suatu negara.

3. Tingginya Tingkat Pengangguran

Tingginya tingkat pengangguran sebagai akibat dari tingginya kemiskinan, kedua permasalahan ini saling berkaitan ya sobat!

B. Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

1. Struktur Ekonomi

Dengan adanya perkembangan struktur ekonomi diharapkan menjadi salah satu solusi permasalahan pembangunan. Misalnya struktur ekonomi dari pertanian berubah jadi sector industri.

2. Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita merupakan salah satu indicator keberhasilan pembangunan ekonomi karena menggambarkan pendapatan rata-rata di satu negara.

3. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Indeks pembangunan manusia (IPM) yang menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Tujuannya agar dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.

perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

Ternyata selesai sudah kita bahas konsep dari materi Pertumbuhan dan Pembangunan ekonomi, kalau mau tau materi selanjutnya yaitu Teori pertumbuhan ekonomi klik di sini. Semoga membantu kalian dalam belajar ya Sobat RBD!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *