Bener Gak Gap Year Itu Ada Manfaatnya?

Manfaat gap year itu ada gak sih? Oke sebelum bahas itu coba deh kalian intip informasi di https://blog.bdigital.id/alasan-kenapa-kamu-harus-gap-year/ mengenai arti gap year. Secara singkatnya gap year ini kondisi seseorang memutuskan untuk tidak kuliah di tahun pertama atau sampai di tahun kedua setelah lulus SMA. Alasan seseorang untuk gap year pun berbeda-beda diantaranya adalah belum mencapai PTN atau jurusan yang diinginkan.

Untuk sebagian orang, gap year ini menjadi masalah karena masih ada perasaan kecewa, sedih dan menyesal karena belum mencapai target ke PTN impian. Tapi kalian tau gak sih, kalau gap year tidak seburuk itu loh! Ternyata gap year ini memiliki banyak manfaat positif, tentu sangat bagus untuk perkembangan diri kita kedepannya. Yuk kita bahas apa saja manfaat positif dari gap year.

Mengenali Diri Sendiri Lebih Dalam

Saat ini banyak ditemukan seseorang memilih jurusan kuliah tanpa mengetahui potensi diri, termasuk kelebihan dan kekurangan yang ada di diri mereka. Dengan gap year kamu tentu bisa mengenali diri sendiri lebih dalam. Dalam kurun waktu satu tahun atau lebih kamu eksplor mengenai kekurangan dan kelebihan dalam diri. Jadi kamu dapat menghindari yang namanya “salah jurusan”. Karena kamu sudah matang dan siap dengan segala resiko.

Mengisi Ulang Tenaga

Salah satu tujuan gap year membiarkan kalian istirahat setelah 12 tahun belajar formal di sekolah. Karena setelah itu kalian akan menempuh ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S1 dengan waktu 4 tahun. Dengan istirahat ini bisa menyegarkan pikiran kalian. Tapi jangan lupa isi kegiatan positif ya seperti olahraga, menekuni hobi dan eksplor hal-hal lain.

Menumbuhkan Sikap Mandiri

Dari kalian pasti masih beranggapan bahwa gap year adalah hal yang memalukan. Padahal gap year ada hasil positifnya yaitu menumbuhkan sikap mandiri. Sikap mandiri ini berasal dari kegiatan yang kalian isi selama gap year seperti mengikuti webinar, volunteer, freelance atau kerja part time tentu mendorong kalian untuk keluar dari zona nyaman. Dari hal itu juga dapat belajar memecahkan masalah dan bekal untuk menghadapi masalah di perkualiahan nanti.

Mendapat Uang Tambahan

Seperti yang ada di poin nomor 3 apabila selama gap year kalian isi dengan freelance dan parttime kalian akan mendapat uang tambahan. Uang tersebut juga bisa kalian gunakan untuk tambahan persiapan kuliah nanti.

Menjadi Lebih Happy!

Setelah eksplor mengenai diri sendiri dibarengi dengan kegiatan webinar, volunteer, freelance atau kerja part time, dijamin deh mood kalian bakal happy terus. Nanti kalian bakal ketemu orang baru dan ilmu yang tidak diajarkan saat di sekolah. Bener-bener bikin hari jadi lebih semangat dan happy. Jadi jangan simpen terus ya rasa kecewa, iri dan sedihnya.

Siap Hadapi UTBK dan Ujian Mandiri

Jadi ada batas waktu untuk mengikuti UTBK dan Ujian Mandiri ini yaitu maksimal 2 tahun setelah lulus SMA. Jeda waktu ini kamu gunakan untuk mencicil materi yang belum dikuasi dan latihan soal-soal UTBK maupun Ujian Mandiri dari PTN Impian kalian. Nah kalau ada kesulitan terkait materi atau soal bisa kamu konslutasikan dengan tutor kita langsung loh di program Gap Year Rumah Belajar Daniel dan Rumah Belajar Digital. Cara belajarnya asik dan bisa berdiskusi selama pembelajaran. Yuk kepoin di https://www.rbdigital.id/ makin mantap dan siap hadapi UTBK dan Ujian Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *