Frasa dan Klausa: Apa Sih Bedanya?

Mau belajar konjungsi tapi masih bingung bedain frasa dan klausa? Gak usah bingung adik-adik, di artikel ini, kita akan bahas perbedaan di antara keduanya. Lalu, seperti apa perbedaan antara keduanya?

A. Pengertian Frasa

Frasa merupakan kombinasi dua kata atau lebih yang terikat dan bertindak sebagai satu kesatuan, tetapi tidak mengandung pasangan subjek-predikat. Kombinasi kata ini digunakan untuk memberikan penjelasan atau keterangan dalam kalimat. Frasa memiliki unsur utama alias unsur yang diterangkan (D) serta unsur atributif yang menjadi unsur penjelas atau menerangkan (M). Meski terdiri dari dua kata atau lebih, sebuah frasa tidak memiliki predikat sehingga tidak bisa menjadi sebuah kalimat. Namun, frasa dapat menjadi subjek, predikat, atau unsur lainnya dalam sebuah kalimat.

Ciri-ciri frasa adalah:

  1. Terdiri atas dua kata atau lebih
  2. Bersifat nonpredikatif
  3. Menduduki fungsi gramatikal dalam kalimat
  4. Mempunyai makna yang bersifat denotatif atau konotatif

B. Pengertian Klausa

Klausa adalah gabungan dua kata atau lebih, di mana salah satu kata merupakan unsur predikat sehingga klausa berpotensi menjadi suatu kalimat utuh karena mengandung unsur subjek dan predikat yang merupakan pola dasar dalam suatu kalimat.

Ciri-ciri klausa adalah:

  1. Mengandung sebuah subjek dan predikat
  2. Berpotensi menjadi suatu kalimat
  3. Tidak memiliki intonasi akhir
  4. Termasuk bagian dari kalimat plural

C. Perbedaan Frasa dan Klausa

frasa dan klausa
Sumber: www.pexels.com

Sekarang, yu kita bandingkan perbedaan antara frasa dan klausa!

  1. Klausa memiliki subjek dan predikat, sedangkan frasa tidak memiliki keduanya.
  2. Frasa memiliki gabungan kata yang menerangkan benda, kegiatan, sifat, dll., sedangkan klausa merupakan pernyataan mandiri yang menyampaikan pemikiran atau gagasan (inti kalimat).

Jadi inget yaa, kalau kombinasi kata-kata mengandung subjek dan kata kerja, itu dianggap sebagai klausa. Bila tidak mengandung keduanya, itu disebut sebagai frasa.

  • Contoh Frasa dan Klausa dalam Kalimat

Perhatikan contoh kalimat berikut agar lebih memahami perbedaan antara keduanya!

  • Bagas berlari cepat ketika mengejar pencopet dompet.

Pada kalimat di atas, ‘pencopet’ merupakan unsur yang diterangkan dan ‘dompet’ adalah unsur yang menerangkan sehingga frasanya ialah ‘pencopet dompet’.

Sementara itu, ‘Bagas berlari’ merupakan klausa sebab berkedudukan sebagai inti kalimat.

Nah Sobat RBD, itulah pembahasan kita kali ini mengenai perbedaan frasa dan klausa. Semoga artikel ini bisa ngebantu kalian bejalar di rumah ya. Biar persiapan UTBK-mu makin oke, pelajari materi Bahasa Indonesia yang lain di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *