JURUSAN FILSAFAT, PEMBUKA TABIR ILMU

JURUSAN FILSAFAT

Buat kamu yang suka penasaran dari mana ilmu berasal dan bagaimana masalah bisa terjadi, jurusan filsafat sangat cocok. Jurusan ini banyak mengkaji masalah mendasar dan umum tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa. Kenali jurusan ini lebih detail yuk!

Filsafat merupakan bidang ilmu yang mempelajari cara berpikir. Jurusan filsafat akan melatih kamu untuk mempertanyakan suatu keadaan. Selain itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana memformulasikan dan mengokohkan pandangan secara merdeka tentang suatu permasalahan yang ada di dunia. Dan juga, akan dikenalkan dengan jenis-jenis kesesatan berpikir, karakteristik ilmu pengetahuan, mengkritik suatu karya seni, pentingnya empati, mengkaji kapan suatu tindakan bisa dikatakan baik atau buruknya. Filsafat juga akan membantu untuk berpikir secara terstruktur dan mampu memproses informasi secara jernih. 

Ada beberapa keuntungan juga berkuliah di jurusan filsafat. Pertama, jurusan ini cocok untuk kamu yang senang berpikir, apalagi berkeinginan mencari kebenaran yang absolut dari suatu pengetahuan. Keuntungan kedua, kamu akan memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, dan logis. Dengan memiliki kemampuan tersebut, kamu akan mampu menjadi pencetus ide di berbagai bidang sehingga bisa bekerja di bidang apa saja. Lulusan jurusan filsafat juga mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah masyarakat, serta akan memiliki kemampuan untuk memproses informasi secara jernih. Satu lagi keuntungan kuliah jurusan ini yaitu memiliki kemampuan membaca, berargumentasi dan berdiskusi yang sangat baik. 

Selain tiga keuntungan tersebut, jurusan filsafat juga memiliki prospek kerja yang cukup luas. Setelah lulus dari jurusan filsafat, kamu bisa menjadi reporter, kurator, dosen, penulis (content writer), editor, atau peneliti. Beberapa kemampuan yang diperlukan dalam profesi tersebut banyak dilatih saat berkuliah di jurusan filsafat, seperti berdiskusi, berargumentasi, dan kemampuan membaca dan menulis yang baik.

Ingin lolos PTN dengan Jurusan ini? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di mana pun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *