Jurusan Pertanian di Indonesia

Jurusan Pertanian di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara agraris, artinya sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam. Tapi sayangnya, saat ini sedikit sekali anak muda yang tertarik dengan bidang jurusan pertanian. Mempelajari bidang pertanian seringkali dianggap “kurang keren”, padahal bidang pertanian ini tidak hanya berkaitan dengan bercocok tanam saja loh! Tetapi juga termasuk teknologi pertanian, rekayasa hasil pertanian, hingga bisnis pertanian. Maka dari itu, yuk kita kenalan lebih lanjut dengan bidang jurusan pertanian!

Apa itu bidang jurusan pertanian?

Secara luas, bidang jurusan pertanian adalah bidang ilmu yang mempelajari cara memanfaatkan sumber daya alam biotik dan sumber daya alam abiotik untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bidang ini mempelajari cara membudidayakan tanaman pangan, buah, dan sayuran untuk kehidupan manusia. Ilmu Pertanian tidak hanya mempelajari cara membudidayakan tanaman melainkan juga mempelajari bagaimana cara mengolah hasilnya dengan penerapan teknologi. Lebih lanjut, juga akan mendapatkan ilmu tentang cara mengelola bisnis hasil pertanian.

Daftar jurusan di bidang pertanian?

Berikut ini daftar jurusan di bidang pertanian:

Agroekoteknologi : Jurusan ini mempelajari tentang budidaya tanaman dan lingkungannya melalui penerapan berbagai bidang disiplin ilmu untuk mendapatkan nilai tambah dan hasil yang optimum. Jurusan ini merupakan gabungan dari studi agronomi, ilmu tanah, dan ilmu hama dan penyakit tumbuhan.

Agronomi : Jurusan ini mempelajari budidaya tanaman pertanian di kebun, sawah, atau ladang dengan tujuan supaya bisa produktif dan lestari.

Agroteknologi : Jurusan ini mempelajari penguasaan teknologi pada produksi pertanian dengan memperhatikan kualitas dan efisiensi.

Teknik Pertanian : Jurusan ini mempelajari pertanian dari segi teknik, yaitu mempelajari mesin-mesin yang digunakan dalam kegiatan pertanian, yang juga akan berkaitan dengan instrumentasi sampai pemrograman.

Teknologi Industri Pertanian : Jurusan ini mempelajari proses kegiatan pasca panen. Mempelajari hasil pertanian agar menghasilkan produk pertanian berkualitas tinggi dengan berbasis riset.

Agribisnis : Jurusan ini mempelajari seluk-beluk usaha yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari usaha produksi pertanian hingga pengelolaan hasil dan pemasarannya.

Proteksi Tanaman : Jurusan ini mempelajari tentang pengamanan produksi pertanian melalui manajemen kesehatan tanaman. Berfokus pada isu pengelolaan hama untuk memelihara keseimbangan ekosistem tumbuhan.

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian : Jurusan ini mempelajari tentang pertanian serta pendekatan komunikasi sosial kemasyarakatan. Bertujuan memecahkan permasalahan sosial dan ekonomi pertanian kerakyatan.

Keuntungan kuliah di bidang pertanian?

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari kuliah di bidang jurusan pertanian, diantaranya:

1. Merupakan sektor yang penting dan berkelanjutan, sehingga perkembangannya sangat dibutuhkan.

2. Ada banyak pilihan jurusan di bidang ini, dari mulai teknologi hingga bisnis

3. Pekerjaan yang menjanjikan dari mulai sektor swasta, pemerintahan, hingga mandiri

4. Terdapat banyak perusahaan maupun universitas di luar negeri yang bekerjasama dengan Indonesia dalam bidang pertanian, sehingga kesempatan terbuka luas untuk belajar dan berkarir di luar negeri

5. Dengan ilmu yang dimiliki, terdapat banyak kesempatan untuk mencari tambahan uang saku bahkan saat kuliah belum selesai. Kamu dapat menanam komoditas di area sempit namun dapat menghasilkan keuntungan.

6. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki potensi pertanian yang sangat besar namun minim pemanfaatan dan pengolahan yang tepat, sehingga mempelajari bidang ini akan sangat menjanjikan untuk masa depan.

7. Sebagai negara agraris, maka dengan kuliah di bidang pertanian kamu akan membantu perkembangan Indonesia loh!

Prospek kerja di bidang pertanian?

Soal prospek kerja jangan ditanya lagi nih! Ada banyak loh prospek kerja di bidang jurusan pertanian.

1. Lembaga pemerintahan, seperti Kementrian Pertanian. Baik sebagai  pengambil kebijakan pembangunan pertanian, sebagai petugas teknis maupun non teknis.

2. Bekerja di lembaga pelatihan dan penyuluhan pertanian, pekerja di lembaga pelatihan dan penyuluhan akan sangat banyak membantu petani mencapai hasil tani yang maksimal.

3. Kamu juga dapat menjadi Pengajar, baik Guru di SMK atau Dosen di Universitas

4. Menjadi Peneliti yang fokus meneliti di bidang pertanian.

5. Bekerja di organisasi nasional maupun internasional, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Food and Agriculture Organization (FAO), PBB, hingga ASEAN membutuhkan banyak anak muda di bidang pertanian.

6. Perusahaan agrikultur seperti perusahaan ekspor impor sayur, buah, dan hasil pertanian lainnya.

7. Startup, saat ini mulai bermunculan startup aplikasi dan situs penjualan hasil pertanian

8. Kamu juga dapat menjadi pengusaha di bidang pertanian loh! Apalagi saat ini, banyak sekali orang-orang yang sudah mulai beralih mengkonsumsi sayur-sayuran organik sehingga menjadi pengusaha di bidang pertanian juga menjanjikan.

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Pertanian? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *