JURUSAN KRIMINOLOGI, JURUSAN YANG DIPERHITUNGKAN DI INDONESIA

JURUSAN KRIMINOLOGI

Bagi kamu yang suka baca atau nonton Detektif Conan dan Sherlock Holmes ada jurusan yang cocok. Jurusan Kriminologi, jurusan yang pas buat yang bercita-cita menjadi detektif ataupun orang-orang yang gemar memecahkan misteri. Yuk! cek seluk beluk dari jurusan ini.

Kriminologi merupakan ilmu yang mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan dan berbagai faktor penyebab timbulnya kejahatan. Oleh sebab itu, kriminologi memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu lainnya mulai dari sosiologi, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah, biologi, geografi, antropologi, filsafat, politik, hukum, dan bahkan ilmu jurnalistik. Ilmu tersebut akan dipelajari di jurusan kriminologi.

Ada berbagai keuntungan jika kamu berkuliah di jurusan kriminologi. Keuntungan yang pertama, saat ini,  tingkat kriminalitas meningkat seiring dengan semakin kompleksnya kehidupan. Dengan begitu, para kriminolog sangat dibutuhkan untuk mengurai kriminalitas yang ada. Keuntungan yang kedua, peluang karir bagi lulusannya pun cukup menjanjikan. Saat ini, di Indonesia, baru ada tiga kampus yang memiliki jurusan kriminologi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau. Hal tersebut menandakan belum banyak orang yang menjadi ahli kriminologi di Indonesia. Keuntungan yang ketiga, dapat membantu menegakkan keadilan. Seorang kriminolog akan memberi pencerahan tentang suatu peristiwa kejahatan sehingga keadilan pun akan ditegakkan.

Keuntungan lainnya, setelah lulus dari jurusan kriminolog, prospek kerja hampir terjamin. Kamu dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti kepolisian, kejaksaan, atau pengadilan. Selain itu, lulusan jurusan kriminologi juga bisa berkarir di berbagai lembaga pemerintahan lainnya seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Kementerian Hukum dan HAM. Beberapa profesi lainnya yang dapat kamu geluti adalah kriminolog, jurnalis, analis data, intelijen, peneliti, konsultan, dan dosen.

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Kriminologi? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di mana pun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *