Jurusan Geologi dan Kebumian

Jurusan geologi dan kebumian

Hai, untuk kamu yang lagi kepoin macam-macam jurusan kuliah dan kepo jurusan apa yah yang mempelajari tentang bumi kita. Nah bidang jurusan ini mungkin bisa jadi salah satu pilihanmu, yaitu jurusan Geologi dan Kebumian. Yap, bidang ini memang akan membawa kita untuk kenal lebih dekat dengan bumi dan berbagai aspeknya, seperti batuan yang ada di bumi, bentuk/struktur dan hubungan antar batuan serta proses pembentukannya.

Apa itu bidang jurusan Geologi dan Kebumian?

Pada dasarnya, bidang jurusan Geologi dan Kebumian memang mengulik segala sesuatu yang ada dan terjadi pada bumi, pemanfaatan sumber daya di bumi dan penanggulangannya jika terjadi masalah. Untuk lebih jelasnya, yuk kita intip masing-masing jurusan di bidang Geologi dan Kebumian.

Daftar jurusan di bidang Geologi dan Kebumian?

Di Indonesia, bidang ini tersedia dalam beberapa jurusan di bawah ini.

  1. Teknik Geodesi: mempelajari bentuk dan ukuran bumi, darat dan laut. Disini kamu bisa menggambar rupa bumi atau lebih dikenal dengan pemetaan. 
  2. Teknik Geofisika: mempelajari bumi dengan kaidah-kaidah fisika. Disini kamu bakal melakukan telaah dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang bersumber dari pendayagunaan sumber daya alam, sumber daya energi, dan sumber daya lingkungan. 
  3. Teknik Geologi: Disini kamu bakal belajar tentang komposisi, sifat-sifat fisika dan kimia, proses pembentukan, sejarah, dan struktur bumi. Selain itu, kamu akan belajar banyak juga tentang geothermal, pertambangan, perminyakan, hingga mitigasi bencana.
  4. Teknik Geomatika: Dari namanya bisa ditebak kalau jurusan ini merupakan perpaduan dua ilmu, yaitu ilmu Geodesi dan ilmu Informatika. Disini kamu mempelajari bagaimana mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis, hingga manajemen data spasial (berbasis lokasi) yang berdasarkan pada ilmu Geodesi dan mentransformasikan datanya ke dalam suatu sistem informasi/ilmu Informatika. 
  5. Geologi: Menganalisis permasalahan pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan kebencanaan kebumian dengan menerapkan teknologi.
  6. Ilmu Tanah: Jurusan ini memegang peranan yang sangat penting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan, serta berbagai usaha di masa yang akan datang yang berkaitan dengan tanah. 
  7. Ilmu dan Teknologi Kebumian: Biasanya tidak jauh dengan bahasan-bahasan meteorologi, geofisika, geomatika, dan geologi.

Keuntungan kuliah di bidang Geologi dan Kebumian?

Kamu yang memiliki ketertarikan pada ilmu alam seperti Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, dan Geografi, maka bidang ini ditujukan buat kamu banget. Apalagi kalau kamu suka terjun ke lapangan langsung, bidang jurusan Geologi dan Kebumian ini bakal memberi sensasi baru buat kamu bagaimana rasanya dekat dengan bumi dan tahu seluk beluknya hingga bisa memanfaatkan bumi dengan lebih baik lagi. Peran kamu sebagai penyayang bumi semakin nyata!

Prospek kerja di bidang Geologi dan Kebumian?

Nih, kita bocorin deh prospek kerja di bidang jurusan Geologi dan Kebumian!

  1. Berkesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan tambang besar seperti Adaro, Antam, Kideco, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga bisa masuk ke perusahaan perminyakan seperti Pertamina, Exxon, Chevron, British Petroleum, dan lain-lain. 
  2. Instansi pemerintahan bisa menerima juga loh, seperti Kementrian Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya Mineral, hingga BPPT dan LIPI
  3. Ahli-ahli yang memberikan informasi gempa BMKG, Google Map, penemuan titik api pada kebakaran hutan, dan teknik pengukuran batas wilayah itu dari lulusan bidang ini loh!
  4. Posisi-posisi keren buat kamu lulusan bidang ini; peneliti atmosfer dan ruang angkasa, ahli sistem informasi geografis, peneliti dan ahli teknologi informasi geospasial, ahli tambang dan geologi, ahli teknik minyak bumi, ahli kimia, peneliti geografi, ahli hidrologi, ahli pengeboran bumi, teknisi pemetaan, pengamat tanah dan properti, surveyor bangunan, ahli konservasi tanah dan air, serta masih banyak lagi.

Bagaimana tertarik untuk mendalami ilmu Geologi dan Kebumian ini? karna jurusan ilmu geologi dan kebumian ini akan selalu eksis dari waktu ke waktu maka dari itu jika kamu ingin lolos PTN dengan Jurusan Geologi dan Kebumian, RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *