Jurusan Teknik Sipil Dan Perencanaan

Jurusan Teknik Sipil Dan Perencanaan

Kalian penasaran nggak, sih, siapa yang membuat dan mengelola semua infrastruktur yang kita gunakan setiap hari? Ternyata, yang membuat dan mengelola infrastruktur yang kita gunakan setiap hari adalah mereka-mereka yang ada di bidang jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, lho!

Apa itu bidang jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan?

Bidang jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan ini berkaitan dengan proses perancangan, pelaksanaan rancang bangun, pengelolaan, hingga pemeliharaan infrastruktur. Buat kalian yang tertarik dengan bidang ini, kalian nantinya akan menjalani riset yang mendalam dan terfokus mengenai infrastruktur dari mulai perencanaan hingga pemeliharaan.

Jurusan apa saja, sih, yang termasuk ke bidang Teknik Sipil dan Perencanaan?

  1. Teknik Sipil

Jika kalian masuk program studi Teknik Sipil, kalian akan mampu merancang, melaksanakan, mengawasi, dan memelihara prasarana wilayah, meliputi infrastruktur transportasi seperti jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, rel, gedung dan infrastruktur terkait lainnya. 

  1. Teknik Sipil dan Lingkungan

Jika kalian masuk program studi ini, kalian akan mempelajari tentang pembangunan dan pengembangan infrastruktur, baik dari konstruksi, lingkungan, maupun pengelolaan dan rekayasa lingkungan hidup berupa air, tanah dan udara.

  1. Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

Di jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, kalian akan mendapatkan ilmu mengajar dan juga ilmu mengenai teknik sipil dan perencanaan. Namun yang menjadi fokus di jurusan ini adalah bagaimana kalian dapat menyampaikan ilmu mengenai teknik sipil dan perencanaan kepada peserta didik dengan baik dan tepat sehingga mereka menguasai ilmu tersebut.

  1. Teknik Pengairan

Di jurusan teknik sipil ilmu-ilmu yang akan kalian pelajari adalah perencanaan, desain, pengoperasian, serta pemeliharaan bangunan air yang berkaitan dengan sumberdaya air. Contoh bangunan air yang dimaksud adalah pembangkit listrik tenaga air, bangunan irigasi dan drainasi pada persawahan, sistem drainase perkotaan dan bangunan, waduk, dan lainnya.

Apa saja, sih, keuntungan kuliah bidang Teknik Sipil dan Perencanaan?

  1. Peluang kerja lulusan bidang jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan sangat luas terutama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, karena sedang melakukan banyak pengembangan infrastruktur.
  2. Kalian dapat menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas, seperti pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan hingga bandara.
  3. Kalian bisa memperbaiki lingkungan yang ada di sekitar menjadi lebih baik untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Prospek kerja di bidang Teknik Sipil dan Perencanaan

  1. Sarjana Teknik Sipil juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat divisi pengembangan bangunan atau dapat juga bekerja di perusahaan konsultan dan kontraktor.
  2. Kamu juga dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementrian Pekerjaan Umum, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, PLN, PDAM
  3. Kamu dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi (kontraktor) maupun perusahaan pengembang (developer)
  4. Kamu juga dapat menjadi tenaga pengajar yaitu dosen atau guru vokasi.

Daftar di atas hanya beberapa dari prospek kerja di bidang jurusan teknik sipil dan perencanaan, loh. Prospek kerja bidang Teknik Sipil dan Perencanaan sebetulnya masih sangat luas. So, buat kalian yang tertarik di bidang ini, RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *