Jurusan Teknologi Hayati

Jurusan Teknologi Hayati

Apakah kalian sudah pernah mendengar jurusan teknologi hayati? Wah jurusan apa yah ini? Bidang jurusan ini memang masih terbilang baru nih. Walaupun baru jurusan ini tidak kalah eksistensinya karna di masa perkembangan ilmu pengetahuan ini, keahlian dalam bidang ilmu-ilmu hayati akan memegang peranan penting. Seperti pada  pengembangan ilmu pengetahuan kehayatan atau biasa dikenali biosains, bioteknologi, dan pengelolaan sumber daya alam lainnya. Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai bidang jurusan ini!

Apa itu bidang jurusan teknologi hayati?

Bidang jurusan ini merupakan perpaduan Ilmu Kehayatan (bio science) dan Teknik yang diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis biosistem untuk meningkatkan efisiensi fungsi dan manfaat biosistem untuk bioindustri. 

Daftar jurusan di bidang teknologi hayati?

Berikut ini daftar jurusan di bidang teknologi hayati:

Bioteknologi: Jurusan ini mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia, dapat berupa produksi barang maupun jasa.

Biokimia: Jurusan ini mempelajari peranan berbagai molekul terhadap reaksi dan proses kimia dari sebuah makhluk hidup.

Ilmu dan Teknologi Hayati: Jurusan ini mempelajari tentang sistem produksi dengan agen hayati berupa tumbuhan juga bagaimana efisiensi sistem produksi tersebut.

Teknologi Bioproses: Jurusan ini mempelajari pemanfaatan agen biologi seperti mikroorganisme untuk perancangan dan konstruksi proses produksi yang menghasilkan keuntungan dalam skala industri.

Mikrobiologi Pertanian: Pada bidang Jurusan Mikro Pertanian mempelajari bagaimana pemanfaatan mikrobiologi dalam sektor pertanian.

Keuntungan kuliah di bidang teknologi hayati?

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari kuliah di bidang teknologi hayati, diantaranya:

1. Sangat tepat untuk kamu yang tertarik pada bidang biologi, senyawa bioproduk, dan teknologi.

2. Prospek kerja di bidang ini sangat diperlukan untuk bidang-bidang industri tertentu seperti Agrikultur, Pangan, Farmasi, serta Medis dan Kesehatan.

3. Dapat mengambil andil dalam perkembangan teknologi pertanian, kesehatan, dan pangan 

Prospek kerja di bidang teknologi hayati?

Berikut prospek pekerjaan di bidang jurusan ini:

1. Dapat bekerja di berbagai industri yang membutuhkan senyawa alam, misalnya industri biofuel, biodegradable material, farmasi.

2. Lulusan bidang jurusan ini dapat bekerja di banyak tempat mulai dari perusahaan farmasi, perusahaan pangan, perusahaan pertanian, perusahaan perikanan, perusahaan peternakan, bahkan di perusahaan startup. Lulusan dari jurusan teknologi hayati dapat berperan sebagai Research and Development, Quality Analyst, Quality Control dan masih banyak lagi.

3. Dapat juga bekerja di lembaga pemerintahan sebagai analis dan peneliti di BPOM, Kementerian Pertanian

4. Dapat bekerja sebagai tenaga profesional di perusahaan-perusahaan pertanian maupun wirausaha pertanian.

Ingin lolos PTN dengan jurusan teknologi hayati? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *