Jurusan Meteorologi dan Geofisika

Jurusan Meteorologi dan Geofisika

Akhir-akhir ini pasti kamu sering mendengar berita tentang perubahan cuaca, hmm sebenarnya apa yang terjadi yah pada bumi sampai bisa menyebabkan perubahan cuaca? Nah kalau kamu tertarik mempelajari ilmu kebumian dan berbagai gejalanya, kamu harus tau nih bidang jurusan Meteorologi dan Geofisika. Kira-kira jurusan ini mempelajari apa saja yah? Yuk cari tahu bersama!

Apa itu bidang meteorologi dan geofisika?

Bidang meteorologi dan geofisika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk bumi beserta gejala-gejalanya dan komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, dengan memanfaatkan kaidah-kaidah fisika dan metode matematika.

Daftar jurusan di bidang meteorologi dan geofisika?

Berikut ini daftar jurusan di bidang meteorologi dan geofisika:

Meteorologi Terapan: Jurusan ini mempelajari gejala alam yang terjadi di atmosfer bumi terkait dengan komponen-komponen biologi, fisika, dan kimia yang terkandung di dalamnya, terutama gas dan udara, serta pengaruh dari perilaku manusia.

Kartografi dan Penginderaan Jarak Jauh: Jurusan ini mempelajari cara mendapatkan informasi spasial geografi dan cara menyajikannya, baik dalam bentuk peta, gambar, tabel, dan sebagainya.

Geofisika: Jurusan ini mempelajari bumi dengan kaidah-kaidah fisika.

Geografi: Jurusan ini mempelajari tata ruang penggunaan, penempatan tanah, permukaan bumi dan hal-hal terkait fisik bumi

Keuntungan kuliah di bidang meteorologi dan geofisika?

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari kuliah di bidang meteorologi dan geofisika, diantaranya:

1. Perubahan iklim sering terjadi dan susah diprediksi. Oleh karena itu peran lulusan Meteorologi akan selalu relevan.

2. Kamu akan mempelajari hal-hal tentang bumi dan dapat berkontribusi untuk menjaga bumi

3. Cocok untuk yang memiliki minat terhadap ilmu bumi, serta keingintahuan untuk mengkaji segala sesuatu yang terjadi di dalamnya

4. Lulusan bidang jurusan ini memiliki peluang yang luas, dapat bekerja di perusahaan-perusahaan swasta maupun di sektor pemerintahan.

Prospek kerja di bidang meteorologi dan geofisika?

Berikut ini prospek kerja di bidang jurusan meteorologi dan geofisika:

1. Prospek kerja dari lulusan Meteorologi antara lain adalah sebagai analis cuaca dan spesialis iklim di lembaga-lembaga terkait. 

2. Lulusan dari bidang jurusan ini juga bisa menjadi peneliti dan pengajar di bidang Meteorologi dan Geofisika.

3. Kamu bisa bekerja dalam bidang eksplorasi, eksploitasi, akuisisi data, maupun pemrosesan data Meteorologi dan Geofisika di perusahaan-perusahaan swasta.

4. Jika ingin menjadi seorang abdi negara, kamu bisa lho bergabung dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kementerian ESDM, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, ataupun Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Ingin lolos PTN dengan Jurusan meteorologi dan geofisika? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berapa di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *