JURUSAN SEJARAH DAN ARKEOLOGI

JURUSAN SEJARAH DAN ARKEOLOGI

Buat kalian-kalian yang suka penasaran apa saja yang terjadi di masa lalu dan cari bukti-buktinya juga, ada loh jurusan yang mempelajari hal itu, yaitu sejarah dan arkeologi. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak artikel berikut!

Apa Itu Bidang Jurusan Sejarah dan Arkeologi?

Bidang jurusan sejarah dan arkeologi sama-sama mempelajari masa lalu, eits tapi bukan berarti ga bisa move on yah! Bidang jurusan ini mempelajari peristiwa yang terjadi di masa lalu dan peninggalan-peninggalan masa lalu. Tidak hanya peristiwa-peristiwa yang terjadi dan peninggalannya saja, bidang jurusan ini sebenarnya mempelajari konteks yang sangat luas, mencakup aspek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial.

Daftar Jurusan Di Bidang Jurusan Sejarah dan Arkeologi

Berikut adalah jurusan yang ada di bidang sejarah dan arkeologi :

  1. Ilmu sejarah – jurusan ini mempelajari  tentang segala peristiwa yang terjadi di masa lalu mulai dari sejarah zaman kuno seperti Mesir, Yunani, India, yang dimulai sebelum masehi, sampai zaman modern di atas abad dua puluh. Selain itu, belajar juga geografi sejarah, sejarah kerajaan nusantara, sejarah dunia, sejarah Indonesia, dan sebagainya. 
  2. Arkeologi – jurusan ini mempelajari budaya manusia sepanjang zaman, membahas peristiwa di masa lampau, mengaji peninggalan kepurbakalaan, juga mempelajari artefak mulai dari cara menemukan hingga menaksir usia artefak tersebut.

Keuntungan Kuliah Di Bidang Jurusan Sejarah dan Arkeologi

 Ada beberapa keuntungan nih kuliah di program studi Sejarah dan Arkeologi, diantaranya :

  1. Akan memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengumpulkan informasi dari masa lampau
  2. Sering melakukan perjalanan ke berbagai wilayah yang pastinya jarang atau bahkan tidak terjangkau oleh traveller biasa.
  3. Kamu sangat mungkin menguasai berbagai aksara dan bahasa lokal.
  4. Kamu juga berkesempatan untuk terlibat aktif dalam upaya meningkatkan kesadaran sejarah di kalangan masyarakat.

Prospek Kerja Jurusan Sejarah dan Arkeologi

Prospek kerja di bidang jurusan ini cukup banyak, diantaranya:

  • Sebagai lulusan bidang jurusan sejarah dan arkeologi kamu dapat bekerja di museum, balai kepurbakalaan, situs cagar budaya, atau galeri seni.
  • Jika kamu ingin mengembangkan diri dengan terjun ke dunia pendidikan, kamu juga bisa menjadi dosen sekaligus peneliti. 
  • Selain itu, kamu juga bisa masuk ke sektor pariwisata.
  • Kamu bisa terjun ke dunia media dengan menjadi sineas loh untuk membuat film dokumenter. 

Wah kalo kalian suka sejarah dan suka melihat benda-benda bersejarah, yuk langsung rencanakan dengan matang. Jangan asal pilih dan terburu-buru yah

Ingin lolos PTN dengan Jurusan di atas? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

jurusan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *