JURUSAN TEKNIK MATERIAL

JURUSAN TEKNIK MATERIAL

Siapa disini yang merasa asing dengan bidang jurusan teknik material? Apa yah teknik material itu? Apakah belajar mengenai material bangunan? Eitss tenang, sebenarnya wajar kok kalau kamu belum mengetahui atau jarang mendengar jurusan ini. Karena memang, jurusan ini masih jarang di Indonesia. Bahkan, tidak semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan ini. Nah kalau kamu mau tahu lebih lanjut mengenai bidang jurusan teknik material? Langsung aja yah cek artikel berikut!

Apa itu bidang jurusan teknik material?

Bidang jurusan teknik material adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral, proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, membahas sifat-sifat bahan dan hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, serta mempelajari juga desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu.

Daftar jurusan di bidang teknik material?

Berikut ini daftar jurusan di bidang teknik material:

Teknik Material: Jurusan ini mempelajari tentang segala hal mengenai sebuah materi mulai dari struktur, sifat, karakteristik, hingga interaksinya.

Teknik Metalurgi: Jurusan ini mempelajari tentang sifat kimia yang terkandung dalam logam. Dari sifat-sifat kimia tersebut, kamu dapat memahami fungsi masing-masing jenis logam untuk kehidupan sehari-hari.

Keuntungan kuliah di bidang jurusan teknik material?

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari kuliah di bidang teknik material, diantaranya:

1. Keuntungan utama kuliah di bidang jurusan ini adalah karena jurusan ini eksklusif. Iya, karena bidang jurusan ini masih sangat jarang di Indonesia dan  tidak semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan ini. Padahal lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri logam dan baja.

2. Bidang jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas loh! Banyak bidang yang menerima lulusan jurusan ini seperti di industri logam dan baja, atau di berbagai bidang industri seperti migas, manufaktur, dan lain-lain.

3. Bidang jurusan ini juga berhubungan dengan berbagai macam studi yang lain. Misalnya, jurusan ini juga berkaitan dengan ilmu komputer dan ilmu biologi. Dibutuhkan ilmu komputer khusus untuk melakukan komputasi material agar bisa melihat struktur molekul material. Tak hanya itu, teknik material juga berkaitan dengan ilmu biologi yang mana akan di kaji mengenai biomaterial.

4. Karena masih jarangnya lulusan dari bidang jurusan ini, tenaga kerja yang handal di bidang ini biasanya dibayar dengan gaji yang cukup tinggi di perusahaan. Apalagi sebenarnya mereka sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Prospek kerja di bidang teknik material?

Prospek kerja di bidang teknik material sangat luas, dan dapat mencakup berbagai macam industri, diantaranya:

1. Menjadi ahli di bidang industri manufaktur, industri pertambangan, industri perminyakan dan gas, industri ekstraksi dan peleburan logam, otomotif, elektronik, transportasi, penerbangan, bahkan hingga semen dan pupuk.

2. Lulusan dari bidang jurusan ini juga dapat berkarir di bidang pendidikan, bahkan pemerintahan.

Maka dari itu jangan Ragu untuk menjadikan Jurusan Teknik Material sebagai pilihan bidang studi mu saat melanjutkan ke PTN, apa lagi dengan hadirnya RBD siap membantu kamu menggapai PTN impian kamu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *