Jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara

Jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara

Apa itu Bidang Jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara?

Bidang jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara mempelajari bagaimana cara kerja mesin, tak hanya motor atau mobil, bahkan mengoperasikan mesin pesawat juga dipelajari di bidang jurusan ini. Selain itu kalian bakal belajar tentang konversi energi, bagaimana mendesain mesin seefisien mungkin, lalu kamu akan belajar tentang  mesin otomatis atau robot, dan teknik produksi mesin, manufaktur, kontrol kualitas produk dan menganalisis, merancangan dan operasi pesawat terbang serta wahana udara / antariksa. Wah, keren banget bukan?

Apa Saja Bidang Jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara?

Lalu bagaimana dengan prodinya? Biasanya bidang ini terdiri dari beberapa prodi di Indonesia, yaitu:

  1. Teknik Manufaktur: Jurusan ini akan mempelajari kompetensi inti pada perancangan dan pembuatan teknologi terpadu dalam mekatronik dan otomasi manufaktur.
  2. Teknik Mesin: Mempelajari bagaimana prinsip fisika yang selanjutnya diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin serta ilmu kependidikan sebagai calon guru ataupun dosen.
  3. Teknik Dirgantara: Mendalami ilmu tentang aerodinamika, struktur, rancangan pesawat, teknik material, interaksi manusia dan mesin, teknik kendali terbang, aeroelastisitas, teknik propulsi, dan lain-lain.

Keuntungan Kuliah di Bidang Jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara?

Keuntungan masuk bidang jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara ada banyak banget nih yaitu:

  1. Lapangan kerja yang tentu udah luas banget, dari mulai industri otomotif hingga industri penerbangan. Kamu bisa berperan dalam perakitan mesin motor, mobil, hingga pesawat.
  2. Bidang manufaktur juga membutuhkan lulusan dari bidang jurusan ini untuk perawatan dan pembaharuan mesin manufaktur.
  3. Ilmu dan pengetahuan mengenai konversi energi yang di pelajari kamu selama bangku kuliah akan jadi nilai jual yang sangat tinggi, mengingat banyaknya perusahaan yang berlomba menciptakan alat dari sumber energi terbarukan untuk membantu aktivitas manusia.

Prospek Kerja di Bidang Jurusan Teknik Mesin dan Dirgantara?

Dan bagaimana dengan prospek kerja bidang jurusan teknik mesin dan dirgantara? 

  1. Peluang kerja lulusan bidang jurusan ini sangat bervariasi. Hampir semua industri seperti manufaktur, otomotif, pertambangan, konstruksi, dan komunikasi membutuhkan keahlian Teknik Mesin. 
  2. Peluang kerja lulusan Teknik Dirgantara dibutuhkan di lembaga penelitian seperti LAPAN, Dislitbang AU, atau BPPT/ Puspiptek. 
  3. Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar (dosen) di universitas yang memiliki jurusan Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, atau Teknik Manufaktur. 
  4. Peluang kerja diluar negeri? Bisa banget! Kamu bisa bekerja di industri manufaktur internasional seperti Boeing di Amerika Serikat, Airbus di Eropa dan kalau kamu lebih tertarik di bidang penerbangan kamu bisa bekerja di Cathay Pacific atau di Air Asia. 

Gimana? Ingin punya masa depan cemerlang dan bekerja dibidang bergengsi seperti diatas? Kamu boleh banget mempertimbangkan untuk masuk ke bidang studi ini yah. Dan jika kamu sudah yakin mau masuk jurusan ini RBD siap membantumu untuk lolos ke PTN impian kamu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *