Jurusan Ekonomi dan Lingkungan

Jurusan Ekonomi dan Lingkungan

Apa itu Bidang Jurusan Ekonomi dan Lingkungan?

Bidang jurusan ini mempelajari aspek ekonomi dan sosial dalam pengelolaan sumberdaya alam dan mengkaji dampaknya terhadap masyarakat secara keseluruhan, baik pelaku maupun penerima dampak. Bidang Ekonomi dan Lingkungan sendiri adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan isu-isu besar seperti sumberdaya alam, kebijakan lingkungan, serta pengembangan pertanian dalam arti luas. Bidang ini mempelajari dampak dan pengaruh dari sebuah kegiatan perekonomian terhadap keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan yang ada disekitarnya.

Apa Saja Daftar Jurusan Bidang Ekonomi dan Lingkungan?

Penasaran dengan apa aja sih jurusan yang ada di bidang Ekonomi dan Lingkungan? Ini dia daftarnya:

  1. Ekonomi pembangunan: mempelajari aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan sosial di negara berkembang. 
  2. Ekonomi sumberdaya dan lingkungan: mempelajari tentang bagaimana struktur ekonomi sumberdaya dan lingkungan serta mengatasi hubungan dan saling ketergantungan antara ekonomi manusia dengan ekosistem. Fokusnya adalah bagaimana mengoperasikan ekonomi dalam batasan ekologi sumber daya alam.
  3. Ekonomi syariah: mempelajari bagaimana cara mengembangkan ilmu ekonomi yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan hidup umat manusia secara komprehensif, baik material maupun moral dan spiritual serta menjaga keberlangsungannya dengan pendekatan analisis komparatif antara pendekatan konvensional dengan pendekatan Islam.

Keuntungan Masuk Bidang Ekonomi dan Lingkungan?

Pasti penasaran dong dengan keuntungan masuk bidang studi Ekonomi dan Lingkungan? 

  1. Sangat cocok untuk anak IPA yang suka Ekonomi (tanpa harus pilih jalur Soshum). Ilmu Pengetahuan Alamnya tetap terpakai. 
  2. Kamu akan mempelajari ekonomi lewat perspektif baru selain dari segi financial.
  3. Semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia, kesadaran pemerintah dan masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian sumberdaya dan lingkungan pun semakin meningkat. Sehingga lulusan dari bidang jurusan ini sangat dibutuhkan.
  4. Untuk jurusan ekonomi sumberdaya dan lingkungan, merupakn jurusan satu-satunya di Asia Tenggara.

Bagaimana dengan Prospek Kerja di Bidang Jurusan Ekonomi dan Lingkungan?

Dan prospek kerjanya sendiri banyak bidang pekerjaan yang relevan. Misalnya:

  1. Kamu dapat bekerja di berbagai bidang, terutama yang berhubungan dengan pertanian, sumberdaya, dan juga lingkungan sebagai research dan development, analis, atau staff keuangan
  2. Kamu dapat bekerja instansi pemerintahan seperti Kementrian Pertanian, Kementrian Perhutanan, BAPPENAS, Kementrian Lingkungan Hidup
  3. Jika kamu tertarik dengan dunia pendidikan, kamu juga dapat menjadi Dosen/Tenaga Pengajar
  4. Kamu juga dapat bekerja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Ekonomi dan Lingkungan? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *