Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan

Apa itu bidang jurusan Teknologi Pangan?

Kamu suka memasak? Tapi kurang tertarik untuk masuk bidang tata boga? Dan kamu anak IPA? Jurusan Teknologi Pangan adalah salah satu bidang jurusan yang cocok buat kamu. Karena jurusan ini nantinya akan membutuhkan skill pengetahuan kamu dibidang fisika, kimia, biologi semasa sekolah yang akan dipelajari secara teknis saat kamu kuliah nanti. Disini kamu akan mempelajari proses produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Maka dari itu, di prodi ini kamu akan mempelajari komponen – komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan yang dapat berefek pada tubuh manusia.

Apa yang dipelajari bidang Teknologi Pangan?

Di jurusan teknologi pangan kamu akan mempelajari tentang kandungan yang ada di dalam produk makanan. Selain itu di bidang jurusan ini kamu juga bisa fieldtrip ke perusahaan-perusahaan makanan loh! Disana kamu akan mempelajari bagaimana perusahaan tersebut memperhatikan nilai gizi produk yang mereka produksi. Teknologi Pangan memiliki andil penting dalam proses pengolahan pangan yang mencakup proses sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, distribusi, hingga memastikan produk akhir tiba diujung rantai konsumsi dalam keadaan aman dengan nilai gizi yang baik.

Keuntungan Kuliah di Jurusan Teknologi Pangan

Buat kamu yang masih belum tau keuntungan dari kuliah di jurusan teknologi pangan ini, pastinya keuntungannya itu banyak banget. Salah satu contohnya kamu akan menjadi ahli gizi yang mana pekerjaan ini sangat dibutuhkan saat ini karena semakin berkembangnya perusahaan yang bergerak dibidang pangan. Selain itu bidang jurusan teknik pangan merupakan jurusan yang sudah berstandar Internasional yang tidak seperti kebanyakan jurusan lainnya. Jurusan teknik pangan hanya disediakan oleh perguruan tinggi yang sudah ditetapkan oleh para ahli pangan internasional untuk menghindari kesalahan pada saat proses pengolahan makanan. 

Prospek Kerja di Bidang Teknologi Pangan

Prospek kerja bidang jurusan teknologi pangan sangat menjanjikan dan luas loh. Karena perusahaan akan selalu membutuhkan lulusan teknik pangan di perusahaan seperti ke PT. Unilever, PT. Danone, PT. Mayora, PT. Indofood dan lain-lainnya, kamu pasti tau dong perusahaan diatas? Mereka selalu membutuhkan lulusan teknik pangan untuk menakar nilai gizi produk mereka sebelum masuk ke pasaran, menarik bukan? Selain itu nominal gaji tentunya cukup menjanjikan, karena ini merupakan pekerjaan yang cukup krusial di dalam perusahaan. Dan, kerennya lagi buat kamu yang suka bereksperimen, kalian bisa memanfaatkan keahlian kalian dalam mengolah produk mulai dari proses penyimpanan bahan pangan, pengolahan bahan pangan, pengemasan serta pemasaran produk pangan yang kalian buat.

Tunggu apalagi? Jika kamu masuk kriteria di atas, kamu bisa masuk bidang teknologi pangan tanpa ragu!

Ingin lolos PTN dengan  jurusan Teknologi Pangan? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022. Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *