Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Teknik Pertambangan

Hayo ngaku, siapa yang tergiur dengan bidang jurusan pertambangan dan perminyakan? Wah, bidang ini memang terkenal dengan prospek kerjanya yang bagus, ya. Buat kamu yang berminat di bidang ini, yuk simak uraian yang bakal kita bagi hari ini sambil kenalan juga buat yang belum tahu sama sekali mengenai Teknik Pertambangan dan Perminyakan.

Apa itu bidang jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

Bidang jurusan teknik pertambangan dan perminyakan tentunya berkaitan dengan sumber daya alam. Bidang Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan itu mempelajari eksplorasi, eksploitasi, dan cara penambangan mineral padat serta penambangan materi fluida. Melihat negeri kita berlimpah kekayaan alam tersebut, maka tidak heran bidang ini banyak dibutuhkan, plus banyak diminati juga.

Daftar jurusan di bidang Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

  1. Teknik Perminyakan: Jurusan ini mempelajari eksplorasi, eksploitasi, dan cara pengolahan bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, aluminium, besi, serta batu bara.
  2. Teknik Pertambangan: Jurusan ini mempelajari eksplorasi, eksploitasi, dan cara pengolahan minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. 

Keuntungan kuliah di bidang Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

Kamu tahu banget, kan, kalau Indonesia itu kaya akan mineral dan logam mulia? Nah, buat kamu yang ingin masuk ke jurusan Teknik Pertambangan, siap-siap untuk mengolah sumber daya tersebut dengan penghasilan yang menggiurkan. Selain itu, minyak dan gas yang merupakan aset mahal di negara kita juga bisa menguntungkan kamu yang akan berkarir setelah kuliah di jurusan Teknik Perminyakan.  Itu sebabnya jurusan ini menjadi salah satu yang paling banyak diincar para calon mahasiswa.

Prospek kerja di bidang Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

Nah, prospeknya sendiri sejak awal sudah sedikit diberi bocoran ya, kalau bidang jurusan teknik pertambangan dan perminyakan memang berprospek bagus. Misalnya saja untuk lulusan Teknik Perminyakan dapat berkesempatan untuk berkarir di berbagai perusahaan sektor migas nasional dan internasional seperti Pertamina, Chevron, Medco, Total dan sebagainya, atau bekerja di bidang pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Posisi yang dibutuhkan biasanya ialah analis kontrol kualitas, ahli teknik energi, ahli teknik minyak bumi, spesialis kesehatan dan keselamatan kerja, teknisi geologi dan perminyakan, dan lain-lain.

Lalu untuk lulusan Teknik Pertambangan dapat berkesempatan untuk berkarir di berbagai perusahaan pertambangan, menjadi akademisi, bergabung di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BUMN, dan sebagainya. Posisinya biasanya seputar ahli teknik energi, ahli pengeboran bumi, admin database, ahli tambang dan geologi, teknisi laboratorium non klinis, surveyor pertambangan, konsultan dan masih banyak lagi.

Jadi jangan ragu untuk menjadikan jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan sebagai tujuan untuk belajar di PTN karna RBD akan siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *