Jurusan Teknologi Perikanan

Jurusan Teknologi Perikanan

Apa itu bidang jurusan Teknologi Perikanan?

Bidang jurusan Teknologi Perikanan adalah jurusan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan yang dimulai dari pra-produksi atau persiapan, proses produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Sumber daya hayati perairan yang dimaksud mencakup ikan, crustacea/udang-udangan, moluska, amfibi, dan berbagai avertebrata penghuni perairan, serta lingkungannya. 

Di bidang ini, kalian akan mempelajari berbagai ilmu yang memberikan kalian kemampuan untuk dapat mengelola dan membudidayakan ikan mulai dari pembenihan hingga pembesaran untuk ikan konsumsi maupun ikan hias, memformulasikan pakan, mencegah dan menanggulangi penyakit ikan, mengelola lingkungan perairan untuk kehidupan sumberdaya hayati perairan, mengelola penangkapan ikan laut, menyusun kelayakan usaha kegiatan perikanan, mengelola industri pengolahan hasil perikanan, mengelola manajemen mutu produk pengolahan hasil perikanan untuk ekspor, mengelola dan memanfaatkan limbah dari kegiatan perikanan.

Daftar Jurusan di bidang Teknologi Perikanan

Bidang jurusan teknologi perikanan terbagi menjadi beberapa program studi atau jurusan, seperti berikut:

  1. Akuakultur

Pada jurusan Akuakultur kamu akan mempelajari tentang pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, tetapi tidak hanya terbatas pada komoditas ikan saja melainkan juga tumbuhan air dan menyangkut kelestarian lingkungan di sekitar perairan.

  1. Teknologi dan Manajemen Perikanan

Jurusan ini secara umum membahas dari hulu ke hilir sistem budidaya perikanan. Mulai dari desain budidayanya, mesin untuk budidaya, sampai ke manajemen dan pemasaran seperti ekspor dan impor hasil budidaya.

  1. Teknologi Hasil Perikanan

Pada jurusan Teknologi Hasil Perikanan kalian akan mempelajari bagaimana mengolah hasil perikanan dari pasca panen hingga menghasilkan produk perikanan berkualitas tinggi yang zero waste dan ramah lingkungan, juga mempelajari manajemen industri dan bisnis perikanan.

  1. Teknologi Hasil Perairan

Di jurusan ini kalian akan mempelajari mengenai pengolahan hasil perairan menjadi suatu produk baik pangan seperti suplemen dari salmon, maupun non-pangan seperti kosmetik dari spirulina. Kalian akan mempelajari sifat fisik biota perairan seperti rumput laut, lamun, alga, spirulina dan ikan.

Keuntungan kuliah di bidang jurusan Teknologi Perikanan

Ketika kamu kuliah di bidang ini ada berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan loh, diantaranya:

  1. Seperti kita tahu sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang perikanan, dengan potensi ini tentu nya lulusan dari jurusan teknologi perikanan ini memiliki prospek kerja yang luas.
  2. Kamu memiliki pengetahuan yang luas mengenai kekayaan laut Indonesia
  3. Kamu bisa membentuk suatu lembaga kemasyarakatan yang memajukan perekonomian pesisir

Prospek kerja di bidang jurusan Teknologi Perikanan

Prospek kerja lulusan di bidang ini juga cukup banyak loh yaitu:

  1. Bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan di berbagai bidang seperti analis kebijakan, analis kelautan dan perikanan, analis mutu hasil perikanan, analis pasar hasil perikanan, dan sebagainya.
  2. Perusahaan-perusahaan dalam industri pengolahan makanan yang menggunakan bahan baku hayati perairan. 
  3. Manager Pembenihan Akuakultur, yang bertugas untuk melihat segala aspek pembenihan akuakultur termasuk juga management individu, ikan, infrastruktur, dan peralatan.
  4. Ahli Gizi Ikan, yang bertugas untuk memberikan informasi tentang ikan yang sehat, meneliti kandungan gizi yang ada di dalam ikan, memutuskan apakah suatu ikan bisa layak konsumsi atau tidak, dan masih banyak lainnya.
  5. Ekologis, membantu melindungi dan memulihkan lingkungan alam dengan memberikan informasi penting terkait bagaimana aktivitas manusia akan memberikan pengaruh pada spesies dan ekosistem.

Ingin lolos PTN dengan  jurusan Teknologi Perikanan? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *