Ketentuan Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya SNBP 2024

Hallo sobat RBD, pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) memiliki beberapa syarat bagi peserta yang akan memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga yaitu wajib mengunggah portofolio.

Dalam proses pengunggahan portofolio tersebut, peserta harus mengikuti ketentuan yang ada, karena jika tidak peserta bisa didiskualifikasi. 

Kali ini yang akan dibahas mengenai ketentuan portofolio seni rupa, desan dan kriya, biasanya untuk peserta yang memilih program studi dibawah ini ya: 

– Seni Rupa

– Seni Murni

– Pendidikan Seni Rupa

– Kriya Seni

– Pendidikan Kriya

– Desain Interior

– Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk

– Program Diploma dalam Bidang Seni Rupa

– Desain dan Kriya seperti Batik

– Kriya Logam

– Kriya Kayu

– dan jurusan serupa lainnya

Isi Portofolio :

  1. Pernyataan keaslian karya gambar naratif/karya terbaik/karya pilihan. (format disediakan)
  2. Satu (1) karya gambar NARATIF, dengan teknik hitam putih digambar secara manual (bukan digital) dengan tema ditentukan Panitia SNPMB 2024.
  3. Satu (1) karya TERBAIK yang sesuai bidang Seni Rupa, Desain atau Kriya yang memenangkan atau pernah diikutsertakan pada kompetisi tingkat internasional/ nasional/lokal (bila ada), atau karya PILIHAN yang sesuai bidang Seni Rupa, Desain atau Kriya.
  4. Lampiran sertifikasi atau keterangan resmi dari panitia/pihak penyelengara kompetisi yang menjelaskan memenangkan kompetisi atau pernah berpartisipasi dalam kompetisi (bila ada).

Semua item dipindai dan dicantumkan pada halaman file PPT/Power point yang formatnya sudah disediakan. Kalian bisa mengunduh file format ketentuan di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/unduha

Ketentuan Portofolio Gambar Naratif :

Nah misalnya nih tema yang di ambil adalah “suasana pertunjukkan stand up comedy di ruang terbuka yang menampilkan 2 orang remaja laki-laki dan 1 orang perempuan yang sedang memperlihatkan adegan melucu, sementara disekitarnya para penonton yang terdiri atas anak-anak, remaja, dan orang tua menyaksikan pertunjukan tersebut dengan ekspresi gembira”

Ketentuannya:

  • Gambar dibuat diatas kertas A4 (210 x 297 mm) berwarna putih menggunakan pinsil/bolpoin/spidol hitam atau kombinasi diantaranya.
  • Hasil gambar dipindai (di-scan) atau difoto menggunakan kamera atau ponsel berkamera, dalam format file JPEG berukuran 2610 x 3960 pixel.

Ketentuan Portofolio Karya Terbaik/Terpilih :

  1. Pilihlah satu karya terbaik yang pernah dibuat dan berhasil memenangkan kompetisi atau pernah diikutsertakan dalam kompetisi tingkat internasional/nasional/lokal (bila ada)
  2. Pilih satu karya terpilih yang menunjukkan minat anda dalam bidang Senirupa/Desain/Kriya.

Ketentuan disini jenis karya bebas ya.

Contoh :

  • karya 2D (ilustrasi, gambar, sketsa, lukisan, fotografi, etsa, atau hasil cetak)
  • karya 3D (keramik, patung, maket bangunan, replika benda, rancangan produk, atau karya kriya kulit/logam/kayu/tekstil).

Karya terpilih dipindai (di-scan) atau difoto menggunakan kamera atau ponsel berkamera, dalam format file JPEG berukuran 2610 x 3960 pixel.

Cari lebih lanjut informasi SNPMB 2024 klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *