Organ Pernapasan Manusia

Halo Sobat RBD, di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian dan fungsi sistem pernapasan manusia. Sekarang kita lanjutkan ke organ yang terlibat dalam sistem pernapasan ya. Ada organ apa aja? Yuuu kita bahas …

1. Rongga hidung, organ pernapasan pertama yang dilalui udara

organ pernapasan
Rongga hidung manusia (Sumber: alamy.com)

Udara yang berasal dari luar akan memasuki rongga hidung. Rongga hidung merupakan pintu masuk pertama udara pernapasan manusia. Beberapa karakteristik rongga hidung, diantaranya:

  • Tersusun dari tulang rawan hialin dan jaringan fibroareolar
  • Terdapat folikel rambut, kelenjar keringat dan minyak pada kulit luar
  • Terdapat rambut halus yang berfungsi untuk menyaring partikel kotoran yang masuk ke dalam hidung bersama udara dan sel goblet sebagai penghasil mucus
  • Terdapat conchae unuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring udara
  • Terdapat saraf otak I (bulbus olfaktorius) untuk mendeteksi bau

2. Faring

organ pernapasan manusia
Anatomi rongga hidung (Sumber: alamy.com)

Udara yang masuk dari rongga hidung akan melewati faring. Faring merupakan percabangan antara rongga hidung dan rongga mulut. Bagian ini terbagi menjadi tiga daerah, yaitu: nasofaring, orofaring, dan laringofaring.

3. Laring

organ pernapasan manusia
Laring (Sumber: alamy.com)

Tersusun dari tulang rawan hialin, ligamen, otot, dan membran mukosa. Di bagian ini dapat ditemukan jakun, pita suara, dan katup epiglotis. Laring berfungsi sebagai tempat terdapatnya pita suara, pelindung saluran pernapasan, pengarah makanan ke saluran esofagus, dan sebagai penghubung faring dan trakea.

4. Trakea atau batang tenggorokan

Trakea adalah organ yang berbentuk pipa dan terletak di sebagian leher sampai ke rongga dada. Dinding trakea tersusun dari tulang rawan tipis dan kaku dan ada di dalam rongga bersilia. Silia ini berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang masuk melalui saluran pernapasan.

Trakea terdiri dari empat lapisan (tunika):

  • Tunika mukosa, di lapisan ini  terdapat sel goblet sebagai penghasil lendir.
  • Submukosa
  • Tulang rawan
  • Tunika adventisia
struktur trakea
Trakea (Sumber: asset.kompas.com)

5. Bronkus atau cabang batang tenggorokan

Trakea bercabang dua membentuk bronkus yang berfungsi untuk menyediakan jalan bagi udara yang masuk dan keluar dari paru-paru. Bronkus merupakan cabang dari trakea, di bagian ini masih ditemukan lempeng tulang rawan hialin.

6. Pulmo atau paru-paru, bagian akhir organ pernapasan manusia

organ pernapasan untuk difusi udara
Alveolus dalam paru-paru

Paru-paru berada di dalam rongga dada bagian atas. Paru-paru terbagi menjadi dua bagian, yaitu paru-paru bagian kanan dan kiri. Pulmo bagian kanan terdiri dari tiga lobus, sedangkan pulmo kiri memiliki dua lobus. Paru-paru diselimuti oleh selaput yang tipis yang disebut pleura. Di dalam paru-paru terdapat bronkus, bronkus, dan alveolus dan pembuluh darah.  Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus, di sini sudah tidak ditemukan lempeng tulang rawan hialin. Sedangkan, alveolus merupakan kantung-kantung udara yang tersusun atas epitel pipih selapis yang berperan dalam proses pertukaran udara secara difusi.

Nah, itu tadi pembahasan kita kali ini tentang organ yang terdapat pada sistem pernapasan. Untuk materi mekanisme pernapasan akan kita bahas pada artikel yang lain ya. Kalo kalian mau belajar di dampingi oleh tutor berpengalaman, boleh kalian cek informasinya disini yaaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *