Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Hallo sobat RBD, materi yang akan dibahas pada artikel ini adalah materi awal kelas 10, mengenai konsep dasar ilmu ekonomi. 

Hmmm, kalian tau gak kata ekonomi itu berasal dari mana? Kata ekonomi itu berasal dari bahasa Yunani yaitu “oikonomia” yang berarti manajemen rumah tangga. Asal kata “oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga, dan “nomos” yang berarti peraturan, aturan, atau hukum. 

Definisi ilmu ekonomi menurut beberapa ahli yaitu:

Adam smith mendefinisikan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang berusaha memenuhi tujuan tertentu dengan sumber daya terbatas. 

Richard G. Lipsey Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

Sadono Sukirno dalam bukunya Mikroekonomi mendefinisikan ilmu ekonomi untuk menganalisis biaya dan keuntungan serta memperbaiki corak penggunaan sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Penggolongan Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi digolongkan menjadi tiga yaitu  ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan. Kita simak yu perbedaannya apa!

  1. Ekonomi Deskriptif

Sesuai dengan katanya, ekonomi deskriptif artinya menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat dengan data dan keterangan faktual. Biasanya menggunakan informasi baik angka, gambar, ataupun kurva sebagai dasar analisis. 

  1.  Teori Ekonomi 

Teori ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Ekonomi Makro: ekonomi makro mempelajari perekonomian secara keseluruhan/agregat. Masalah yang dibahas pun biasanya dalam lingkup suatu negara, contohnya masalah inflasi, pengangguran, dan kemiskinan. 

b. Ekonomi Mikro: sedangkan ekonomi mikro mempelajari perekonomian dengan lingkup yang lebih kecil misalnya perusahaan, pasar, perkembangan harga produk. Ruang Lingkupnya sebatas perilaku konsumen atau produsen, permintaan, penawaran, biaya produksi, dan lain-lain. 

3. Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan adalah teori yang berkaitan dengan sebab akibat terjadinya krisis dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah ekonomi melalui kebijakan. Nah misalnya dalam ekonomi deskriptif menggambarkan resesi perekonomian yang diakibatkan oleh pandemi covid-19. Selanjutnya pemerintah akan menyesuaikan dalam teori ekonomi makro solusi apa yang dapat diambil atas permasalahan tersebut, output dari solusi tersebut biasanya dalam bentuk kebijakan. 

Masalah Ekonomi Modern 

Ekonomi ekonomi modern meliputi 3 hal yaitu what, how, dan for whom. 

  1. What 

Masalah yang pertama produsen harus menentukan barang/jasa apa yang akan diproduksi. Untuk menentukan hal ini produsen harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 

  1. How 

Masalah kedua yang dihadapi produsen adalah bagaimana cara membuatnya. Produsen harus menentukan dari teknik pembuatan, bahan baku, tenaga kerja, dan faktor produksi lainnya agar proses produksi berjalan efisien. 

  1. For whom 

Selanjutnya masalah yang ketiga produsen juga harus menentukan untuk siapa barang/jasa tersebut akan dijual, misalnya dilihat dari lingkungan sekitar, karakter, pekerjaan, status sosial dan lain sebagainya. 

Klik disini kalau mau tau artikel ekonomi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *