Yuk Kenali Organisasi-Organisasi Internasional

Hallo sobat RBD, artikel kali ini akan dibahas mengenai organisasi internasional dalam bentuk multilateral, regional maupun antar regional. apa aja sih? yuk kita simak bareng-bareng.

United Nations (PBB)

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan di San Francisco, Amerika Serikat pada 24 Oktober 1945. PBB dikenal juga dengan nama United Nations atau UN. 

Tujuan didirikannya PBB yaitu menjaga perdamaian, pencegahan konflik, dan membantu negara-negara bekerja sama untuk meningkatkan kehidupan orang-orang miskin, mengatasi kelaparan, penyakit dan buta huruf, dan mendorong penghormatan terhadap hak dan kebebasan satu sama lain

Peran indonesia yaitu terus berkomitmen untuk memainkan peran aktif dalam PBB, baik dalam penjagaan perdamaian, penanganan konflik internasional, maupun dalam memajukan isu-isu global

International Monetary Fund (IMF)

Dalam bahasa indonesia  International Monetary Fund (IMF) yaitu Dana Moneter Internasional. IMF berdiri pada tahun 1944 yang pada awalnya memiliki tujuan utama yaitu memastikan stabilitas moneter internasional. Maka hingga saat ini tujuan dari IMF makin berkembang yaitu mendorong kerjasama moneter, mendorong stabilitas nilai tukar, memberikan pinjaman pada negara anggota, dan membantu melakukan moderenisasi atas sistem perekonomian negara anggota. 

Indonesia juga salah satu negara yang dibantu oleh IMF loh. 

World Trade Organization (WTO)

WTO adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1995 dan satu-satunya organisasi internasional yang berperan dalam mengatur perdagangan dunia. WTO saat ini terdiri dari 154 negara anggota, di mana 117 di antaranya merupakan negara berkembang atau wilayah kepabeanan terpisah, salah satu diantaranya adalah negara Indonesia.

Indonesia senantiasa terlibat aktif di isu-isu yang menjadi kepentingan utama Indonesia, seperti pembangunan, kekayaan intelektual, lingkungan hidup, dan pembentukan aturan WTO yang mengatur perdagangan multilateral.

ASEAN

Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN adalah sebuah organisasi internasional yang terdiri dari 10 negara anggota di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tahun 1967. ASEAN memiliki peran penting dalam mendorong integrasi ekonomi, pembangunan sosial, dan politik di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan, dan perlindungan lingkungan. 

Indonesia juga salah satu negara pendiri ASEAN loh, selain itu peran penting Indonesia dalam ASEAN adalah sebagai pemimpin dalam membentuk berbagai kebijakan dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi. 

North Atlantic Treaty Organization (NATO) 

NATO terbentuk pada tanggl 4 April 1949 akibat dari sejarah pascaperang dunia kedua, hal ini mencerminkan upaya yang dilakukan antarnegara untuk menjaga perdamaian dan keamanan di Eropa. Tujuan utama NATO yaitu saling membantu dan melindungi satu sama lain dalam menghadapi ancaman militer.

Peran NATO tidak hanya sebatas sebagai suatu aliansi militer, melainkan juga sebagai penjaga perdamaian global. Anggotanya bekerja sama untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas internasional melalui dialog diplomatik, kerja sama militer, dan strategi keamanan bersama. Anggota NATO terdiri dari 31 negara di Amerika Utara dan Eropa. Selain itu NATO memliki mitra hampir di seluruh dunia loh. 

Namun Indonesia tidak termasuk anggota NATO, namun Indonesia menjalin hubungan bilateral dan multilateral dengan negara-negara besar yang menjadi anggota NATO

Kementerian luar Negeri Republik Indonesia. 2019. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). [online]. https://kemlu.go.id/portal/id/read/134/halaman_list_lainnya/perserikatan-bangsa-bangsa-pbb

DItjen PPI. tt. Sekilas WTO. [online] https://ditjenppi.kemendag.go.id/organisasi-perdagangan-dunia/tentang-wto/sekilas-wto

Kominfo. 2023. Indonesia di Lingkup ASEAN: Peran, Pengaruh, Manfaat, dan Upaya Masa Depan. [online] https://asean2023.id/id/news/indonesia-in-asean-scope-role-influence-benefits-and-future-efforts#:~:text=Salah%20satu%20peran%20penting%20Indonesia,strategi%20untuk%20mencapai%20tujuan%20organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *